• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Wawasan Kebangsaan sangat penting disosialisasikan kepada masyarakat, mengingat banyak persoalan-persoalan yang saat ini menunjukkan bahwa berkurang mendalamnya Wawasan Kebangsaan kita, sehingga mudah sekali rakyat Indonesia kemudian terpengaruh terhadap hal-hal yang kurang baik.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Komisi III DPRD provinsi Kaltim DR. Sarkowi V. Zahry, S.Hut, SH, M.M, M.Si, M.Ling, saat menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) DPRD Provinsi Kaltim, di aula kantor Kelurahan Jawab Kecamatan Tenggarong, Kukar, Minggu (18/12/2022).

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Kepala Badan Kesbangpol Kukar Rinda Desianti, juga dihadiri Lurah Jahab Lauren Sirenden, tokoh agama, tokoh masyarakat ibu-ibu dan pemuda di Kelurahan Jahab.

"Kegiatan ini merupakan salah satu program DPRD provinsi Kaltim, dan juga merupakan program yang penting, jadi kami di DPRD provinsi Kaltim ingin mengembalikan pemahaman wawasan kebangsaan kepada masyarakat," ujar Sarkowi.

Politisi Golkar tersebut mengatakan, tujuan sosialisasi ini juga sebagai upaya mewujudkan nasionalisme yang tinggi dari segala aspek kehidupan masyarakat Kaltim yang mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan perorangan, kelompok, golongan, suku bangsa atau daerah.

"Saya juga berharap agar kegiatan ini bisa lebih masif lagi kita laksanakan kemudian dibeberapa jenjang generasi agar semangat nasionalisme dan patriotisme terhadap negara kita ini bisa kita pupuk kembali," imbuhnya.

Sementara itu, narasumber kegiatan Rinda Desianti menambahkan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut yang telah dilaksanakan anggota DPRD Kaltim, karena wawasan kebangsaan bela negara ini memang sesuatu yang wajib kita sosialisasikan terus menerus kepada masyarakat.

"Karena nanti tatanan kedepan pasti lebih berat apalagi telah ditetapkannya Kukar menjadi bagian dari salah satu wilayah IKN, tentu saja ini menjadi tantangan yang luar biasa karena pasti banyak pendatang dan bagaimana menumbuhkan rasa kecintaan kita terhadap tanah air ini dibuktikan seperti bergaul secara baik dilingkungan kita maupun terhadap orang yang datang dari luar," terangnya.

Terpisah, Lurah Jahab Lauren Sirenden berharap, kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan ini bukan hanya kegiatan sosialisasi saja, tapi bisa diimplementasikan di kehidupan sehari-hari.

"Dikelurahan Jahab terdapat dua agama mayoritas yang berdampingan, maka penting wawasan kebangsaan disosialisasikan agar kerukunan masyarakat tetap terjaga," pungkasnya. (One)

Pasang Iklan
Top