• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Sopan Sopian

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Potensi pariwisata di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sangat banyak dan menarik, namun ada beberapa akses jalan menuju objek wisata masih menjadi kendala bagi pengelola wisata untuk menarik para pengunjung.

Salah satu potensi wisata di Desa wisata Pela yang berada di Kecamatan Kota Bangun akses jalannya masih memprihatinkan. Apalagi belum lama ini Desa tersebut mendapatkan penghargaan dan juara III dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui program Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI), jadi sudah seharusnya mendapat perhatian dari pemerintah daerah.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi II DPRD Kukar Sopan Sopian mengungkapkan untuk meningkatkan kunjungan pariwisata di Kukar, tentunya perlu dukungan maupun perhatian dari pemerintah daerah dalam menunjang sektor pariwisata. Salah satu yang perlu diperhatikan Dinas PU sebagai leading sektor pembangunan adalah akses jalan menuju obyek wisata.

"Akses jalan menuju objek wisata terutama di Desa Pela perlu dibenahi, selain itu transportasi yang digunakan juga harus memiliki kenyamanan dan keamanan, sehingga wisatawan berkunjung ke wisata bisa nyaman," ungkap Sopan.

Kemudian yang harus diperhatikan untuk peningkatan UMKM, tentunya hal ini Dinas Koperasi dan UKM atau Dinas Perindusitrian dan Perdagangan yang melakukan pembinaan, sehingga perekonomian masyarakat bisa meningkat.

Ia menyebutkan potensi pariwisata di wilayah hulu sangat besar, maka dari itu potensi pertumbuhan ekonomi juga banyak. Sehingga perlu adanya dukungan dari semua pihak dan kreativitas masyarakat juga untuk mengembangkan pariwisata di daerahnya masing-masing.

"Kita berharap kedepan pariwisata di Kukar perlu sinergi semua pihak, apa yang menjadi kendala pada sektor pariwisata, bisa dicarikan solusi seperti infrastrukturnya. Sehingga jalan untuk menunjang di sektor pariwisata bisa lebih baik." pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top