• Senin, 15 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Pelaksanaan Jambore Pemuda Daerah resmi Dibuka Diikuti 100 Peserta

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Jambore Pemuda Daerah (JPD) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) 2022 resmi dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Bidang III Sumber Daya Alam, Perekonomian Daerah dan Kesejahteraan Rakyat Christianus Benny. Selasa (1/11/22) di depan Gedung Velodrome Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang.

Kegiatan JPD yang diselenggarakan selama 5 hari mulai 31 Oktober - 4 November 2022, turut dihadiri Asisten III Setkab Bidang Totok Heru Subroto, Kepala Dispora Provinsi Kaltim, Agus Tianur, Kepala Dispora Kukar Aji Ali Husni, serta Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Aji Muhammad Arifin.

Tujuan dari kegiatan ini adalah mengembangkan transformasi nilai budaya, teknologi keunggulan daerah dan tempat pembelajaran bagi pemuda daerah untuk melakukan pengembangan diri.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan JPD 2022 terdiri dari pemuda pemudi terbaik se Kaltim yaitu Samarinda 10 orang, Balikpapan 10 orang, Bontang 8 orang, Berau 10, Paser 8, Penajam Paser Utara 9, Kukar 31 orang, Kutai Timur 8 orang, Mahalam Ulu 6 orang, sementara Kutai Barat belum mengirimkan peserta, total ada 100 orang.

Staf Ahli Gubernur Bidang III Sumber Daya Alam, Perekonomian Daerah dan Kesejahteraan Rakyat Christianus Benny menyampaikan rasa syukur jambore ini bisa dilaksanakan setelah covid, harapanya jambore ini bisa dilaksanakan setiap tahun, karena ini merupkan agenda tahunan, dan bagi pemenang yang terpilih akan mengikuti jambore secara nasional.

"Saya menyambut antusias dari masing-masing pemuda yang ad disni, tak terkecuali 10 kabupaten kota, mengirimkan perwakilannya berbagai tarian dan komunitas" ungkapnya.

Ia menambahkan alasan dipilihnya Kukar sebagai tuan rumah JPD, karena Kukar lebih dekat dengan ibu kota yg berada di tengah posisinya, dan yang pastinya sarana dan prasarannya lebih siap daripada kabupaten kota yang lain.

Sementara Asisten III Setkab Bidang Administrasi Umum Kukar Totok Heru Subroto merasa bersyukur pada tahun 2022 Kukar dipilih sebagai tuan rumah JPD tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

"Kita berharap dengan adanya event ini nanti bisa memacu kreativitas para pemuda khususnya untuk tidak sekedar berkreatif, tapi juga menggairahkan perekonomian kita."ujarnya.

Lanjut Totok, dimana sekarang ini jamannya sudah jaman digital, jaman milenial jadi pemuda harus menjadi yang terdepan untuk mengikuti perkembangan jaman itu dan menjadi pelopor generasi berikutnya. Pemuda juga akan menjadi pemimpin bangsa bukan hanya di Kukar bahkan di tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Kreativitas yang diharapkan akan muncul dari JPD ini, karena bidangnya sangat banyak sekali dan yang sudah dilakukan di Kukar juga banyak. Yaitu ada Pemuda Kreatif Idaman, itu nanti akan diselenggarakan event minimal dua kali setahun untuk difasilitasi bagi pemuda, dan menjadi ajang kotestan dan kreativitas di Kukar.

"Harapannya nanti mengangkat bibit pemuda yang selama ini tidak tampak, itu nanti akan tampak." pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top