• Minggu, 01 Oktober 2023
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kutai Kartanegara (Kukar) Wiyono resmi membuka Kejuaraan Renang Piala Bupati Kukar Se-Kalimantan dan Sulawesi 2022, yang diselenggarakan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kukar. Bertempat di Kolam Renang Putri Junjung Buyah, Sabtu (27/8/22).

Kegiatan yang digelar selama dua hari tersebut diikuti 406 peserta yang berasal dari 6 provinsi yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Timur. Kemudian dalam pembukaan itu dirangkai dengan pelantikan pengurus PRSI Kukar periode 2021-2024.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kukar Wiyono mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara memberikan apresiasi, dimana Kejuaraan Renang ini dilaksanakan masih dalam rangkaian HUT RI Ke-77 tahun 2022. Dengan tema "Meraih prestasi berbagi rezeki di kota wisata Kutai Kartanegaraā€¯.

"Maka esensi kegiatan tidak hanya kejuaraan olahraga saja tapi dapat menumbuh kembangkan ekonomi kerakyatan melalui UMKM, serta secara langsung mempromosikan potensi wisata Kabupaten Kutai Kartanegara kepada tamu-tamu atlet dari luar daerah." ungkap Wiyono Sabtu (27/8/22).

Wiyono berharap melalui Pengurus Kabupaten PRSI Periode 2021-2025 Kabupaten Kukar yang baru dilantik untuk terus melakukan upaya terobosan dan usaha pembinaan atlet renang di Kukar. Melihat potensi olahraga yang ada di Kukar tentu mempunyai potensi besar dan telah mengalami perkembangan yang cukup pesat.

"Apalagi kita mempunyai sarana dan prasarana yang cukup memadai dalam proses pembibitan dan pembinaan. Prestasi yang telah kita torehkan tentu tidak didapat dengan cara tiba-tiba. Dibutuhkan sebuah system pembinaan yang terencana, sistematis, terpadu dan berkelanjutan dalam upaya memperoleh prestasi yang ingin dicapai." jelasnya.

Kemudian Peran Pengurus Kabupaten (Pengkab PRSI) Kutai Kartanegara sangat penting dalam mengelola semua itu sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan. PRSI Bersama KONI memiliki tugas besar dalam membuat kebijakan, mengkoordinasikan dan melaksanakan system keolahragaan di daerah sehingga prestasi sejalan proses pembinaan yang telah di rencanakan.

Sementara Ketua PRSI Kukar Alfian Noor mengatakan dalam pelaksanaan Kejuaraan ini total ada 406 peserta yang berasal dari 6 provinsi. Dan di kejuaraan ini ada 162 nomor yang dipertandingkan dari 7 kelompok umur. Untuk Kukar sendiri ada 4 club yang mengikuti kejuaraan kurang lebih ada 42 atlet.

"Harapan kami dengan adanya Kejuaraan Renang ini bisa meningkatkan prestasi para atlet di Kukar, menajamkan lagi renangnya dan sebagai tolak ukur dalam menyongsong kejuaraan pekan olahraga provinsi (Poprov) yang dilaksanakan di Berau November mendatang. Walaupun tidak semua umur tapi kita lebih ke seniornya. Tapi dikelompok umur yang masih muda ini menjadi ajang mengukir prestasi karena ada beberapa provinsi yang ikut dalam kejuaraan ini." terangnya.

Ia menambahkan setelah dilantiknya pengurus PRSI yang baru targetnya untuk jangka pendek adalah untuk meningkatkan prestasi atlet-atlet dan melakukan pembinaan atlet yang sudah ada, serta pembinaan melalui guru-guru olahraga yang ada di Kukar dimana masih ada bibit-bibit yang terpendam sebenarnya dari beberapa sekolah.

"Kita juga akan bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar terkait fasilitas kolam renang ini untuk melatih adek-adek kita." tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top