• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Pemimpin Bankaltimtara Tenggarong Amuniantoyo)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara telah meluncurkan program Kredit Kukar Idaman (KKI) tanpa bunga untuk masyarakat, khususnya bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Program KKI ini merupakan salah satu program dedikasi Kukar Idaman Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah dan Rendi Solihin yakni Program Usaha Kecil Idaman yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026 yakni Program Usaha Kecil Idaman.

Dalam pelaksanaannya, Pemkab Kukar bekerja sama dengan Bankaltimtara. Kebijakan ini merupakan program prioritas Bupati Kukar Edi Damansyah, dalam rangka menyelamatkan para pelaku UMKM dari terjeratnya utang kepada para rentenir.

Menurut pemimpin Bankaltimtara Tenggarong Amuniantoyo, progresnya KKI sudah mulai banyak yang mengajukan, sesuai Juknis Perbup, kami memang untuk usulan kita menunggu rekomendasi yang diserahkan oleh Dinas supaya kita lakukan evaluasi selama calon debitur tidak bermasalah, artinya SLIK dari Bank Indonesia tidak pernah macet dan usahanya memang ada.

"Alhamdulillah Kredit Kukar Idaman sudah jalan tapi tidak kencang, kami belajar dari program sebelumnya jangan sampai meninggalkan masalah, harapannya program ini bisa berjalan lancar dan bisa menjadi contoh yang lainnya, " ungkapnya.

Ia mengatakan, program KKI ini rata-rata yang meminjam orang pasar maupun pelaku UMKM, karena pinjaman ini dari Rp 5 juta sampai Rp 25 juta.

"Tujuan awalnya diluncurkan program ini kan awalnya dari program OJK, pada saat itu melihat penjual di pasar itu pinjamnya ke rentenir bunganya tinggi sekali, maka program ini hadir agar masyarakat tidak lagi pinjamnya ke rentenir, " tutupnya. (One)

Pasang Iklan
Top