• Minggu, 28 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Pelatihan pemandu wisata Kukar

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Pemandu Wisata Lokal.
Kegiatan tersebut digelar selama 3 hari mulai 28-30 Juni 2022, yang diikuti 20 peserta yang berasal dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) aktif di Kukar. Bertempat di Hotel Grand Elty Singasana Tenggarong.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya Pokdarwis yang ada di Kukar.

Kepala Bidang Pembinaan Industri Pariwisata, Dinas Pariwisata Kukar Heri Rusnadi mengatakan pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka menjalankan program kerja Dinas Pariwisata yakni program pengembangan SDM, pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Untuk tahun ini ada pelatihan sekaligus sertifikasi untuk pemandu wisata lokal dan prioritas kita adalah teman-teman Pokdarwis aktif yang mempunyai atraksi wisata di Kukar seperti Desa Pela, dan Samboja. Untuk peserta ada 20 orang yang terdiri dari 17 orang pokdarwis dan 3 orang anggota Adwindo." ungkap Heri kepada KutaiRaya.com Selasa (28/6/2022).

Heru menyebut rangkaian kegiatan dimulai pelatihan selama dua hari dan dilanjutkan uji sertifikasinya selama satu hari. Dikatakan Heri pihaknya bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pramindo, jadi ada dua orang narasumber dan nanti ada tiga asesor yang akan menguji untuk sertifikasinya.

"Harapan dengan adanya kegiatan ini paling tidak kita mempunyai temen-temen pemandu wisata yang sudah bersertifikasi, karena kedepan bagaimanapun juga kita membutuhkan SDM yang sudah mempunyai lisensi atau sertifikasi dibisangnya masing-masing." jelasnya.

Ia menambahkan untuk tahap pertama ini pemandu muda yang ada di Pokdarwis, sehingga mereka jika ada tamu bisa memandu sambil mempromosikan lewat media sosial. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top