• Selasa, 05 Maret 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Menjelang Hari Raya Idul Adha yang tinggal 3 pekan lagi, harga kebutuhan pokok di Kutai Kartanegara (Kukar) mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan salah satunya karena cuaca yang mempengaruhi pengiriman barang dari luar daerah.

Bahan pokok tersebut adalah Beras, Gula Pasir, Tepung Terigu, Minyak Goreng, Daging Sapi, Telur, Susu, Jagung, Kacang Kedelai, Kacang Tanah, Kacang Hijau, Garam beryodium, Bawang Merah, Bawang Putih, Cabe, Kentang, Tomat, Wortel, Kol.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas peridustrian dan perdagangan (Disperindag) Kukar Syaid Fatulah mengatakan memasuki bulan Juni 2022 terpantau sebagian besar komoditi tersebut ada beberapa yang mengalami kenaikan, tapi tidak seberapa dan juga stok bahan kebutuhan di Kukar masih tersedia.

"Untuk harga yang mengalami kenaikan, seperti ayam potong yang sebelumnya Rp 35.000 kini naik Rp 41.000, telur dari Rp 45.000 naik menjadi Rp 55.000, dan cabai rawit Rp 55.000 menjadi Rp 57.000, dan bawang merah dari Rp 26.000 menjadi Rp 40.000." kata Fatulah kepada KutaiRaya.com Senin (20/6/2022).

Dikatakan Fatulah kenaikan ini biasanya diakibatkan karena jalur distributor mengalami hambatan selama covid-19 yang paling utama kapal dari Sulawesi dan dari Pulau Jawa, yang tidak langsung bersandar di Pelabuhan Samarinda, tapi di Pelabuhan Palaran sehingga menyebabkan antrian semakin panjang. Dan musim hujan yang mempengaruhi penyaluran barang terhambat.

"Untuk mengatasi hal tersebut kami selalu berkoordinasi dengan dinas atau lembaga terkait termasuk dengan distributor dan pedagang besar eceran dapat tetap terjalin dengan baik agar iklim perekonomian semakin kondusif. Melakukan monitoring perpekan secara langsung ke pasar dan pedagang besar eceran dalam rangka pemantauan perkembangan harga dan stok." jelasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top