• Minggu, 28 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kepala LPKA Kelas II Samarinda Mudo Mulyanto)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Bulan suci Ramadhan kerap dimaknai sebagai bulan berlomba menggarap amal kebaikan. Sejumlah tempat ramai-ramai menggelar kegiatan keagamaan selama bulan puasa ini. Salah satunya di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Samarinda.

Kepala LPKA Kelas II Samarinda Mudo Mulyanto mengatakan, selama Ramadhan tahun ini untuk kegiatan pembinaan kerohanian bagi Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) di LPKA Samarinda jadwal kegiatannya bertambah.

"Selama Ramadhan kami ada kerjasama dengan Yayasan Al Zumar dan Habib Aulia dari Majelis Pangeran Noto Igomo untuk mengisi kegiatan selama Ramadhan di LPKA," ungkap Mudo Mulyanto.

Ia menjelaskan, untuk kegiatan selama Ramadhan ini kita jadwal setiap Hari Senin sampai dengan Kamis, dilaksanakan mulai pukul 09.30 sampai 12.00 wita dengan materi terjadwal.

"Untuk materi hari senin dengan Yayasan Al Zumar Tilawati remaja, kemudian selasa sholawat Burdah dari Habib Aulia dari Majelis Pangeran Noto Igomo, hari Rabu juga dengan Yayasan Al Zumar materi sama Tilawati. Kamis materi ilmu fiqih bersama Habib Sofi, kemudian Jumat dan Sabtu kegiatan kepribadian kerohanian seperti biasa, tetapi kegiatan kerohanian diganti dengan pendidikan bahasa Inggris di hari Jumat dan Sabtu untuk kegiatan kesenian dan keterampilan serta rekreasional," terangnya.

Kemudian untuk sholat Taraweh di LPKA ini lanjut Mudo, tetap kita laksanakan dan untuk imam dan penceramah kita ambil dari luar, yakni dari yayasan yang ada di Tenggarong dan sekitarnya.

Selain itu, Mudo Mulyanto mengaku, selama Ramadhan ini juga kita utamakan pendidikan, jadi selama Andikpas kita terkoneksi dengan sekolah induknya atau sekolah formalnya yang mengharuskan untuk mengikuti pendidikan tatap muka atau dengan daring tetap kita fasilitasi.

"Begitupun juga pendidikan kejar paket kita juga mengikuti dari jadwal PKBM yang masuk ke LPKA, jadi Andikpas kita wajibkan mengikuti kegiatan pendidikan formal maupun nonformal meskipun masih berada di LPKA," tuturnya.

Ia juga menambahkan, untuk kunjungan di LPKA sesuai Surat Edaran dari Dirjen belum bisa dilakukan secara tatap muka, saat ini hanya bisa melalui virtual.

"Tetapi kalau titipan makanan untuk Andikpas masih kita perbolehkan," tutupnya. (One)

Pasang Iklan
Top