• Minggu, 28 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Bupati Edi Damansyah.

TENGGARONG, (Kutairaya.com) Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah turut melakukan Panen Jagung Raya Nusantara bersama dengan Gubernur Isran Noor, di kawasan Gunung Wang Kelurahan Loa Ipuh Kecamatan Tenggarong, Rabu (29/9/2021).

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, Kepala Dinas Pertanian Sutikno, Dandim Letkol Inf. Charles Alling serta petani milenial Kutai Kartanegara.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, mengatakan panen raya dengan dihadiri Gubernur Kaltim tentunya untuk mendorong, memotivasi pengembangan budidaya jagung hibrida di Kutai Kartanegara.

Menurut Edi di Kawasan kelompok tani ini dulunya terbuka sekitar 76 meter saja yang diolah Kelompok Tani Saka Makmur, Alhamdulillah terkelola terus dengan baik.

"Jagung hibrida ini salah satu komoditi yang kami dorong, kenapa kita mendorong komoditi ini? Karena komoditi ini pemasarannya jelas, perawatannya mudah dengan karakteristik tanah di Kutai Kartanegara dan juga harganya, ini tadi baru saja saya mendapat informasi dari kelompok tani bahwa harga jagung 6 ribu per kilogram.”paparnya.

"Jadi komoditi ini sudah kami kembangkan secara khusus dan sudah melakukan MOU dengan perusahaan. MOU ini mengatur tentang pengembangan budidaya dan pemasarannya," tutup Edi.

Untuk diketahui bahwa kawasan lahan pertanian jagung di kelurahan Loa Ipuh Darat yang dikelola oleh Kelompok Tani Saka Makmur, dengan jumlah anggota sekitar 30 petani. Penanaman jagung sudah dilakukan sejak lima tahun lalu, ketika ada porgram dari Kementerian Pertanian pada 2016.

Tanaman jagung dipilih karena perawatannya tidak ribet dan harganya masuk pada saat itu.

"Kemudian kami mendapat bantuan benih jagung dari kementerian pertanian."kata Lakir Prawoto selaku Sekretaris Kelompok Tani Saka Makmur.

Penanaman jagung dilakukan dilahan sekitar 50 hektar. Dari hasil tanam jagung petani dapatkan hasil panen dalam satu hektarnya sekitar 3,5 sampai 5 ton jagung.
(*dri)

Pasang Iklan
Top