• Selasa, 23 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Petugas kebakaran saat memadamkan api yang menghanguskan bangunan mess karyawan Ponpes Al Mahsyar Nurul Iman)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Mes Karyawan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mahsyar Nurul Iman Tenggarong Seberang dilalap si jago merah, Jum'at (20/8/2021) malam.

Kapolres Kukar AKBP Arwin Amrih Wientama melalui Kapolsek Tenggarong Seberang AKP Yasir mengatakan, Jumat 20 Agustus 2021 sekira jam 21.50 Wita, telah terjadi kebakaran rumah mes karyawan pondok pesantren Al Mahsyar Nurul Iman RT 03 Desa Teluk Dalam Kecamatan Tenggarong Seberang Kukar.

"Bangunan yang terbakar tersebut terbuat dari kayu dan atap seng, Api pertama kali diketahui oleh saudara Teguh Rahayu yang pada saat kejadian berada didalam mes dan saksi melihat api yang sudah membesar dari dalam mes yang ditempati oleh saudara Ade kumis," ungkapnya.

Melihat kibaran api yang sudah membesar lanjutnya, saksi berteriak "kebakaran' serta membangunkan penghuni mes lainnya yang pada saat itu masih didalam kamar masing masing, kemudian saksi bersama rekan lainnya lari meninggalkan mes dan api menjalar ke seluruh bangunan mes tersebut.

"Asal mula api yang diketahui oleh saksi dari kamar saudara Ade Kumis yang merupakan pekerja bagian masak dan perawatan kebun berbelanja sayur dan kebutuhan dapur lainnya mulai jam 17.00 WITA, dan saat kejadian kamar dalam keadaan kosong," terangnya.

Ia mengaku, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini, namun kerugian ditaksir mencapai 250 juta.

"Dugaan sementara penyebab kebakaran arus pendek listrik. Adapun bangun yang terbakar 1 unit rumah dengan ukuran 6 x 12 yang terdiri dari 4 pintu (bangsalan) dan 1 unit rumah 8 x 20 yang terdiri dari 7 pintu (bangsalan), dengan bahan atau meterial bangunan dari Kayu dan atap seng dan penerangan Listrik," jelasnya.

Ia menambahkan, adapun bangsalan yang ditempati ada 5 pintu, yaitu saudara Teguh Rahayu, Adi rohyanto, Dullah, Oman, Mansyah bersama anak dan istri serta Ade Kumis.

"Pemadaman api dengan menggunakan 12 unit Mobil Pemadam dan 2 Unit Ambulance oleh petugas Pemadam dari Polres Kukar 1 unit Water Canon, PMK Kukar, BPBD Kukar, Satpol PP Kukar, Balakar Kelurahan Melayu, Balakar Kelurahan Loa Ipuh dan Relawan Satria-Samarinda," pungkasnya. (One)

Pasang Iklan
Top