• Sabtu, 27 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Agung Sultan Sulaiman mulai membuka Penerimaan Zakat Fitrah, sejak malam ke 21 Ramadhan 1442 H, atau Minggu 2 Mei 2021 sampai dengan malam hari raya Idul Fitri nanti.

Humas Masjid Agung Sultan Sulaiman Muliansyah mengatakan, kami telah membuka penerimaan Zakat Fitrah dengan nilai kadar zakat fitrah tahun ini sesuai hasil rapat di Kantor Kemenag Kukar awal Ramadhan lalu yakni ada 3 kategori, tertinggi Rp 40.000 perjiwa, menengah Rp 35.000 dan terendah Rp 30.000 atau dengan beras 2,5 kilogram perjiwa.

"Kemudian kita juga menerima pembayaran fidyah yang telah ditentukan yakni tertinggi Rp 30.000 perhari dan terendah Rp 20.000 perhari. Atau bisa dengan beras yang dikonsumsi atau seberat 7 ons dan ditambah dengan lauk pauknya," ungkap Mul sapaan akrabnya kepada KutaiRaya.com, Minggu (2/5/2021).

Ia menambahkan, untuk mekanisme penerimaan zakat tahun ini sama dengan tahun sebelumnya mengingat saat ini masih di tengah pandemi Covid-19, kami menerapkan protokol kesehatan, seperti kami menerapkan jaga jarak antar Muzakki yang membayar zakat dengan petugas, kemudian petugas tetap memakai masker dan juga kami telah menyediakan tempat cuci tangan.

"Kita terapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, dan kita juga menghindari kontak tangan atau bersalaman saat menunaikan zakat, dan juga kami sediakan tempat mencuci tangan, kemudian kami juga rutin menyemprotkan cairan disinfektan di area penerimaan zakat fitrah," jelasnya.

Adapun lokasi penerima zakat lanjut Mul, masih sama seperti sebelumnya yakni di pintu gerbang utama Masjid Agung Sultan Sulaiman dan di Jalan Kihajar Dewantara tepatnya di depan rumah dinas Kapolres Kukar.

"Kami juga menjadwalkan pembukaan pos penerima zakat yakni di pintu gerbang utama ada 3 jadwal yaitu mulai pukul 09.00 sampai 12.00 wita, kemudian dari pukul 13.00 sampai 17.00 wita dilanjutkan pada malam mulai pukul 20.00 sampai 23.00 wita, sedangkan di pos samping masjid jalan kihajar dewantara hanya di buka pada malam hari sampai malam lebaran," ucapnya.

Muliansyah berharap kepada umat muslim untuk segera membayarkan zakatnya agar petugas juga bisa sesegera mungkin mendistribusikan kepada yang berhak menerima. (One)

Pasang Iklan
Top