• Minggu, 28 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kabid Pengolahan Layanan dan Pelestarian Buku Perpustakaan, Diarpus Kukar Dedy Wahyudi)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Sebagai upaya untuk meningkatkan budaya baca di masyarakat, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki banyak program, salah satunya program Pelangi Literasi.

Pada awal tahun 2022 Pelangi Literasi kembali dilaksanakan setelah satu tahun tidak terlaksana karena terus meningkatnya kasus penyebaran Covid 19.

"Pelangi Literasi sebuah inovasi bidang perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kutai Kartanegara dalam upaya meningkatkan budaya baca masyarakat, terkhusus masyarakat Kutai Kartanegara," ungkap Kabid Pengolahan Layanan dan Pelestarian Buku Perpustakaan, Diarpus Kukar Dedy Wahyudi, Selasa (24/5/2022).

Ia menjelaskan, dalam kegiatan ini sendiri bersifat edukatif dan rekreatif dengan konsep suguhan pertunjukan yang dapat menarik minat masyarakat pengguna layanan perpustakaan.

"Pelangi Literasi menyuguhkan beberapa konten kegiatan yang lebih variatif diantaranya gelar buku, read aloud, story telling, Talkshow, musik dan lain-lain," tuturnya.

Kedepan lanjutnya, pihaknya juga akan buka pekan Literasi, yang kami rencanakan dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu.

"Kita gelar buku dan dongeng dengan mengundang anak-anak PAUD dan TK, semoga dalam waktu dekat terealisasi," harapnya.

Ia menambahkan, untuk saat ini agar meningkatkan minat baca yang sudah pasti sasaran kita adalah anak-anak tingkat TK, karena kita ingin mengenalkan perpustakaan sejak dini.

"Sekarang perpustakaan tidak seperti zaman dulu yang ada cuma buku dan tempat membaca, tapi sekarang perpustakaan fasilitasnya sangat lengkap ada ruang digital, ada ruang remaja, ruang bermain anak-anak, ruang teater untuk bisa melihat video edukasi. Dan tahun ini kita akan menambah perpustakaan digital," tutupnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top