• Minggu, 28 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Foto: Pelatihan penguatan usaha kelas intensif binaan



TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Klinik Wirausaha Pemuda Mandiri (WPM) Kutai Kartanegara mengadakan kegiatan pelatihan penguatan usaha sub koordinasi, dan penyelenggaraan peningkatan kinerja kepada wirausaha muda, yang berlangsung mulai dari Rabu 10 November sampai Minggu 14 November 2021 bertempat di Gedung Serbaguna Dinas Pemuda Dan Olahraga Tenggarong Seberang, Rabu (10/11/2021) pagi.

Kepala Bidang Kewirausahaan Kepemudaan dan Kepramukaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar Aji Ali Husni mengatakan, jumlah peserta yang ikut dalam pelatihan sebanyak 25 peserta lebih.

"Sesuai rencana akan berlangsung sampai Minggu 14 November. Dengan jumlah peserta 25 orang," katanya.

Sebenarnya antusias dari wirausaha muda untuk ikut kegiatan ini cukup tinggi, namun kondisi masih dibatasi. Dan peserta yang ikut dalam pelatihan ini merupakan binaan dari Klinik WPM.

"jadi mereka ini sudah beberapa kali diberikan pelatihan, harapannya disetiap materi-materi yang diberikan secara berjenjang. Jadi ini merupakan kelompok binaan khusus, tapi kita tetap melakukan pembinaan yang lain kelompok-kelompok wirausaha baru tetap kita lakukan."paparnya.

Ali menyampaikan pada kegiatan pelatihan ini mereka melakukan kegiatan penguatkan kewirausahaan, di dalam materi ini disampaikan bagaimana hasil konseling yang sudah dilakukan sebelumnya, evaluasinya bagaimana terhadap penguatan media sosial yang mereka lakukan. Apa yang menjadi kendala, apa perkembangan usahanya.

Dan sebelumnya pelatihan ini, beberapa kali pihak klinik WPM meninjau mengevaluasi di lapangan terhadap usaha mereka lakukan, maka dari evaluasi tersebut dilakukan evaluasi pada hari ini.

"Kemudian selanjutnya kami juga akan melakukan pelatihan bagaimana membuat company profil mereka, karena kita sadari bahwa kita gadang mereka menjadi wirausaha yang sukses juga kita berikan motivasi mereka untuk lomba diajang tingkat provinsi maupun nasional" ujarnya.

"Harapan kami dari materi yang disampaikan adalah bagian dari evaluasi kami dilapangan, agar diterapkan dan dilakukan, serta mereka mampu berkompetisi di tingkat daerah maupun nasional," ujarnya.

Sementara itu Eka Widyanti salah satu peserta yang mengikuti pelatihan menyampaikan, bahwa kegiatan pelatihan penguatan usaha sangat menyenangkan. Dalam Pelatihan tersebut membahas tentang bagaimana membuat profile bisnis yang baik dan menarik. Sehingga nantinya usaha yang dikelola mampu bersaing dan bisa berkompetisi ditingkat daerah maupun nasional.

"Saya berharap dengan adanya pelatihan ini mampu meningkatkan kinerja kami didalam menjalankan usaha," pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top