• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Komisi II DPRD Kutai Kartanegara belum lama ini melakukan monitoring pembangunan didua kecamatan, yakni Kecamatan Anggana dan Samboja.

Rombongan Komisi II yang melakukan monitoring itu dipimpin Sekretaris Abdul Khadir didampingi Kamarudin Abtami, SH, Herry Asdar, Sarpin dan H. Abdurahman, SH.

Dalam monitoring di Kecamatan Anggana Komisi II Kukar berkunjung ke PT. Syam Surya Mandiri (SSM)Perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan dan eksporting udang. PT. SSM sendiri merupakan perusahaan yang selama ini menampung atau mengakomodir hasil budidaya udang yang dilakukan oleh para petani tambak (petambak) tradisional di kecamatan Anggana. Perusahaan ini sudah beroperasi selama kurang lebih 14 tahun, dan dirasakan sekali manfaatnya oleh masyarakat Anggana terutama mereka yang berprofesi sebagai petambak tradisional.

Perusahaan sendiri mempekerjakan karyawan yang merupakan warga atau masyarakat lokal, terutama ibu-ibu yang ada di kecamatan Anggana.

Menurut Abdul Khadir, Kegiatan monitoring pembangunan di kecamatan Anggana dimaksudkan untuk melihat secara langsung berbagai potensi pembangunan di kecamatan tersebut untuk dikembangkan lebih lanjut dalam rangka menambah potensi pendapatan asli daerah di tengah-tengah kondisi keuangan daerah yang mengalami defisit serta dalam rangka melihat kesiapan daerah terutama di kecamatan-kecamatan di wilayah Kutai Kartanegara dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Dalam kesempatan itu pula Komisi II menegaskan bahwa dalam waktu dekat akan menindaklanjuti pertemuan ini dengan berkonsultasi dengan kementerian terkait (Kementerian Kelautan dan Perikanan RI) dalam rangka untuk semakin memperkuat upaya perlindungan bagi para petambak tradisional yang masih ada selama ini," katanya. (boy)

Pasang Iklan
Top