• Selasa, 30 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Sekretaris DP3A Kukar H Hero Suprayetno



TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kukar membuat inovasi dengan membuat slogan Siap Mendampingi dan Melindungi (Kidung) untuk menjangkau pihak yang mengalami korban kekerasan yang sulit terjangkau untuk datang ke kabupaten.

Sekretaris DP3A Kukar H Hero Suprayetno mengatakan, bahwa masyarakat telah sadar dengan teknologi 4.0 yang ada, karena sesuai arahan Bupati Edi Damansyah DP3A harus responsif dalam mensikapi perkembangan kasus-kasus yang terkait dengan kekerasan perempuan dan anak.

"Kita menyiapkan SDM terlebih dahulu, agar nanti jika terjadi proses laporan kekerasan yang perlu ditangani itu bisa ditangani petugas kita, baik di tingkat Desa sampai tingkat Kabupaten" kata Hero kepada media belum lama ini.

Ia menuturkan pihaknya dalam memberikan layanan bukan hanya melaporkan secara langsung, tetapi bisa juga melalui media komunikasi ada Website dan WhatsApp sehingga korban bisa cepat ditangani.

"Dan kita mendapatkan orang dengan kapasitas pendampingan baik untuk melakukan mediasi maupun mencatat kasus untuk bisa dibawa ke kabupaten," ujarnya.

Tahun depan DP3A akan siapkan rumah aman, agar korban-korban kekerasan tidak dititipkan kepada pihak keluarga, tetapi ditempatkan dirumah aman supaya nanti kasusnya jika kasusnya lanjut ke hukum dan sebagainya bisa ditangani secara baik dan profesional.

Ia menyebutkan pihaknya membuat sistem pelaporan yang terintegrasi baik ditingkat kabupaten sampai ketingkat desa bahkan akan dikomunikasikan sampai ketingkat nasional. Kasus yang terjadi di Kukar tidak hanya sampai dipusat tapi masuk di daerah bisa direspon dengan baik. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top