• Minggu, 28 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara

Rektorat Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) mengaku selama ini sudah berupaya maksimal, untuk meningkatkan sarana prasana kampus.

Hal ini disampaikan Rektor Unikarta Dr Sabran, menanggapi pernyataan pedas dari Kepresidenan Mahasiswa (Kepresma) Unikarta, terkait dengan kondisi Unikarta yang minim fasilitas, meski mahasiswa setiap tahun membayar uang gedung/pembangunan Unikarta.

"Saat ini Rektor Unikarta beserta ketua YKK secara fakta dilapangan sedang giat-giatnya melaksanakan peningkatan sarana dan prasarana kampus yang berstandar nasional pendidikan Tinggi (Permendikbud 49 tahun 2014)." kata Sabran, akhir pecan lalu.

Universitas berstandar nasional yaitu standar nasional pendidikan dan pengajaran (standar dosen dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana pembelajaran dll) standar penelitian dan standar pengabdian pada masyarakat.

"Upaya yang kita lakukan tersebut dalam rangka untuk pencapaian visi dan misi unikarta menuju Entrepreneur University, meningkatkan kepercayaan kepada para pemangku kepentingan khususnya kepada para mahasiswa,orang tua dan lainnya, yang hari ini telah kuliah dan menitipkan anaknya dikampus "Ungu" Unikarta." Paparnya.

Disisi yang lain kata Sabran, Unikarta juga ingin meningkatkan status akreditasi Program studi dan Institusi serta penyelenggaraan layanan pendidikan Tinggi yang berstandar ISO.

Pihaknya tambah Sabran, akan berusaha untuk menghadirkan fasilitas kampus yang baik dan memadai sehingga fasilitas laboratorium Komputer, Lab Bahasa, Laboratorium, perpustakaan pusat, ruang kuliah, ruang layanan, mushola Alhijrah, Ruang Praktek , di tingkatkan sarananya termasuk juga dalam rangka menjaga kebersihan kampus disetiap bulan di hari Jumat menyelenggarakan Program Clean dan Green Campuss yang melibatkan dosen, staf dan mahasiswa.

"Disisi yang lain kita juga meningkatkan status Dosen dengan tenaga Administrasi Unikarta untuk melanjutkan studi S2 dan S3 baik didalam maupun Luar Negeri. Pemenuhan rasio dosen yang berberbasis NIDN maupun NIDK.terhadap mahasiswa." katanya.

Sabran menjelaskan bahwa Unikarta telah melakukan kerjasama dengan pihak pemerintah, perusahaan dan pihak lainnya serta program-program Tri Dharma Perguruan Tinggi lainnya.

“Adanya kritikan dan masukan masih adanya fasilitas yang masih minim saya ingin klarifikasi bahwa saat ini seperti yang saya jelaskan tadi semua sarana prasarana di Unikarta kita tingkatkan dan penuhi secara bertahap secara khusus misalnya saja di fakultas hukum di tahun 2016 ini ruang praktek persidangan kita akan renovasi termasuk ruang perkuliahannya kita lakukan pengecatan dan pemenuhan sarana lainnya secara bertahap sesuai dengan kapasitas Anggaran yang kita miliki.“ ungkapnya.

Sabran mengatakan, sebelum menyampaikan kritikan yang disampaikan lewat media massa atau medsos, akan lebih baik berkoordinasi atau berkomunikasi dahulu dengan yang berkepentingan, untuk mendapatkan informasi yang jelas. (boy)

Pasang Iklan
Top