• Sabtu, 27 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Adanya peristiwa gerhana matahari cincin yang melintasi sebagian wilayah di Indonesia, pada kamis (26/12) hari ini, sejumlah Masjid dan Langgar di Tenggarong menggelar Sholat Sunah Kusuf atau sholat gerhana matahari.

Salah satunya di Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong, melaksanakan sholat sunah kusuf selepas sholat Dzuhur. Bertindak sebagai imam Ustadz H. Asran K, dan Khotib Ustadz H. Darsih Djamin.

Dalam Khutbahnya Darsih Djamin mengungkapkan, pada saat terjadinya Gerhana Rasulullah Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam dalam hadits riwayat Shahih Muslim bersabda:

"Sungguh matahari dan bulan adalah tanda kekuasaan Allah SWT, tidak terjadi gerhana keduanya (matahari dan bulan) karena kematian seseorang atau pun kehidupannya. Apabila kalian melihat gerhana, maka sholat dan berdoalah hingga gerhana tersebut selesai."Tutur Darsin saat menyampaikan Khutbah setelah selesai Sholat Sunah gerhana.

Seperti diberitakan, Hari ini (kamis 26/12/2019 red, ) gerhana matahari cincin bisa terlihat di 7 provinsi di Indonesia, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Sabang, Aceh adalah yang paling awal mengalami gerhana matahari yakni pukul 10.03 WIB. Sementara Merauke, Papua kota yang waktu mulai gerhananya paling akhir yaitu pukul 14.37 WIT. (one)

Pasang Iklan
Top