• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kaltim, untuk progran 2019 tetap mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kaltim 2018-2023, salah satunya adalah mengoptimalkan produksi perikanan, baik bidang tangkap maupun budidaya.

Kepala DKP Provinsi Kaltim Ir Riza Indra Riadi mengatakan program DKP Kaltim tahun ini, masih tetap mengacu pada RPJMD yang baru 2018-2023, dengan tetap berkonsentrasi pada peningkatan produksi perikanan, baik dibidang tangkap maupun budidaya.

" Selain itu, kita mengharapkan potensi perikanan yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan, melalui beberapa bidang. seperti bidang perikanan tangkap, bidang budidaya, dan bidang penguatan daya saing produk perikanan," kata Riza Indra Riadi, belum lama ini.

Riza Indra menambahkan, untuk di bidang perikanan tangkap akan DKP terus berusaha untuk meningkatkan sarana alat tangkap untuk nelayan, begitu juga dengan budidaya dengan luas kolam atau tambak, baik itu untuk budidaya udang maupun kepiting, ikan patin, lele begitu juga untuk keramba ikan mas dan nila.

Semenetara dibidang penguatan daya saing prodak perikanan, lanjut Riza yang dilakukan oleh usaha mikro kecil menengah (UMKM), DKP terus melakukan sosialsasi dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui berbagai kegiatan pengolahan produk ikan, maupun rumput.

"Oleh karena itu, khusus untuk bidang perikanan tangkap, yang harus pikirkan adalah bagaima kesejahteraan mereka bisa terangkat, salah satunya dengan jalan menambah sarana kapal dengan tonase yang lebih besar, yang dilengkapi dengan alat tangkap yang lebih modern dan ramah lingkungan, dengan begitu penghasilan akan bertambah yang berimbas pada peningkatan kesejahteraannya,"paparnya.

Selain itu, lanjut Riza Indra, DKP juga memberikan pelatihan-pelatihan dalam peningkatan SDM, sebagai upaya menangkap peluang potensi budidaya perikanan kepada masyarakat nelayan maupun masyarakat yang berada di pulau kecil terluar, khususnya bagi kelompok usaha perikanan yang mengembangkan berbagai produk hasil perikanan.

" Kita akan mengoptimalkan potensi perikanan yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan, dengan bekerjasama dinas instansi dan lembaga terkait,"kata Riza Indra Riadi. (kr/hmsprov)

Pasang Iklan
Top