• Sabtu, 27 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara

Kasus Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di Kutai Kartanegara sejak 2014-2016 mengalami penurunan, meski menurun namun kondisi perekonomian didaerah masih lesu.

"Hingga pertengahan Juni 2017 ini, kasus PHK menurun, dibanding tahun sebelumnya. Yang ada, hanya laporan laporan dari karyawan terkait tuntutan hak hak mereka seperti gaji yang belum kunjung dibayar. Sesuai dengan data kami kalau PHK nyaris belum ada," ungkap Kepala Bidang Hubungan Industri Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kukar H Panut, diruang kerjanya kemarin.

Meminjam data Disnakertrans Kukar, PHK menerjang Kukar pada 2014 lalu mencapai 4.161 orang, kemudian di 2015 mencapai 4.577 orang, sedangkan di 2016 sekitar 2.099 orang.

“Kebanyakan kasus PHK itu terjadi di perusahaan tambang batubara dan sawit. Hanya saja untuk saat ini PHK tak seekstrem tahun tahun sebelumnya, apalagi kita dengar bahwa harga batubara saat ini sudah mulai membaik,” papar H Panut.

H Panut berharap, proses PHK tidak terjadi di Kukar karena tentunya akan memiliki dampak terhadap perekonomian masyarakat.“Kita berharap tidak ada PHK di perusahaan,” tegasnya.
(boy)

Pasang Iklan
Top