• Minggu, 03 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Pj Kepala Desa Kota Bangun 1 Syafruddin)


KUKAR (KutaiRaya.com) - Pj Kepala Desa (Kades) Kota Bangun 1, Kecamatan Kota Bangun Kukar Syafruddin mengatakan, keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bangun Sejahtera di Desa Kota Bangun 1 sebagai penguatan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Namun dalam perjalanannya BUMDes ini sempat terhenti, tetapi sekarang mulai lagi berjalan dan mulai mengembangkan usahanya di beberapa sektor.

"BUMDes Bangun Sejahtera sebenarnya telah berdiri sejak 2015 dan awalnya bergerak dibidang simpan pinjam, penjualan saprodi kemudian penjualan tabung gas Elpiji, lalu beberapa tahun kemudian BUMDes kita ada menemui beberapa permasalahan sehingga sempat beberapa tahun tidak jalan," ungkapnya.

Namun lanjutnya, sejak dirinya menjadi Pj Kades Desa Kota Bangun 1 tahun 2020 pelan tapi pasti ia benahi, dan pada tahun 2021 ini kami bersyukur BUMDes kita sudah bisa jalan kembali.

Ia mengaku, saat ini dari Dinas PU Kaltim membuat parit padat karya yang salah satu tujuannya untuk menanggulangi angka kemiskinan akibat pandemi Covid-19, karena para pekerjanya melibatkan masyarakat Desa Kota Bangun 1.

"Selain itu juga Dinas PU Kaltim dalam kegiatan ini juga bekerja sama dengan BUMDes kita terutama dalam pengadaan materialnya," tuturnya.

Ia menambahkan, untuk kedepannya banyak yang kami rencanakan untuk kemajuan BUMDes kita, rencananya kami akan menguatkan usaha kecil terutama kita disini ada industri kecil seperti pembuatan kerupuk, rencananya kita akan berikan modal karena penjualannya sudah merambah sampai ke Kutai Barat.

"Kedepan juga BUMDes akan membuka kios penjualan souvenir dan UKM di Desa ini, sehingga kedepan para pengrajin souvenir dan masyarakat yang memiliki usaha ini cukup menjualkan usahanya ke BUMDes tinggal BUMDes yang akan memasarkan ke daerah lain seperti Melak (Kutai Barat,red)," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top