• Sabtu, 27 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar Arianto.(foto:wahyu)

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Setelah melalui beberapa tahapan Pilkades serentak tahun 2022 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang mana pada Rabu (14/9/22) sebanyak 86 Desa dari 16 Kecamatan telah melakukan tahapan pemungutan suara.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar Arianto mengatakan bagi calon Kepala Desa yang terpilih nantinya akan ditetapkan sebanyak 306 Kepala Desa mendatang, namun sebelum ditetapkan nanti akan diberikan pembekalan selama tiga hari.

"Pembekalan selama tiga hari, Kades terpilih itu nanti kita akan berikan tambahan pengetahuan tentang bagaimana pemeritahan desa sebelum bertugas artinya pengantar tugas mereka. Sehingga nanti setelah mereka dilantik langsung bisa melaksanakan tugas sebaik-baiknya dengan bekal yang didapatkan. " ujar Arianto


Arianto menyebut adapun materi yang akan diberikan pada pembekalan tersebut yakni tentang bagaimana pemerintahaan desa, perencanaan, bagaimana pembagunan desa, pelayanan desa, pemberdayaan desa, dan peningkatan ekonomi desa.


Ia menambahkan setelah pemilihan ini nanti penetapan Kades terpilih oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) biasanya. Setelah ditetapkan, BPD melaporkan kepada Bupati melalui Camat untuk di SK kan sebagai Kades terpilih dan kemudian dilantik, itulah tahapan akhir dalam Pilkades. (*dri)

Pasang Iklan
Top