• Kamis, 16 Mei 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Kartanegara (Kukar) turut hadir dalam acara peluncuran perdana ekspor rumput laut oleh CV. Multi Sarana Jaya dari Kecamatan Anggana, Kukar.

Acara tersebut berlangsung di Depo Meratus, Peti Kemas Palaran, Samarinda, dan dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni, serta pejabat dari Disperindag Kukar turut menyaksikan peluncuran ekspor perdana ini.

CV. Multi Sarana Jaya mencatat sejarah baru dengan mengirimkan ekspor perdana komoditas rumput laut ke Longchai City, Xiamen, China, setelah sebelumnya hanya mengekspor ke Korea Selatan.

Mereka berhasil memperoleh Nomor Registrasi dari General Administration of Customs of China (GACC), memungkinkan mereka untuk mengekspor produk ke China.

Seksi Bina Kreatif Lapangan Disperindag Kukar, Sopiyatul, mengapresiasi prestasi CV. Multi Sarana Jaya dalam menembus pasar ekspor luar negeri. Ekspor rumput laut ini menjadi salah satu upaya peningkatan investasi daerah, menunjukkan potensi sumber daya alam yang besar di Kukar.

Selain itu juga salah satu upaya untuk peningkatan investasi daerah, mungkin nanti ada prodak prodak unggulan seperti rumput laut, jagung, minyak makan merah. Potensi sumber daya alam di Kukar sangat luar biasa dan banyak permintaan dari luar negeri.

"Disperindag Kukar siap memfasilitasi produk unggulan dari kecamatan untuk diekspor, serta berharap kecamatan lain dapat mengikuti jejak CV. Multi Sarana Jaya dalam mengekspor produknya ke pasar luar negeri." pungkasnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top