• Sabtu, 27 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Ketua Tim Penilaian dari Korlantas Mabes Polri AKBP Aldo Siahaan (kiri) saat menilai Kampung Tertib Lalu Lintas Kelurahan Bukit Biru)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Kampung tertib lalu lintas Kelurahan Bukit Biru Tenggarong mendapat kunjungan dari perwakilan Korlantas Mabes Polri, AKBP Aldo Siahaan, yang juga selaku ketua tim tertib berlalu lintas, memberikan penilaian kepada kampung tertib lalu lintas yang ada di Kelurahan Bukit Biru, Kamis (3/6/2021).

Aldo mengatakan, kampung tertib lalu lintas di Kelurahan Bukit Biru akan mewakili Kukar untuk bersaing dengan Kabupaten PPU dan Kota Bontang. Dari tiga kabupaten/kota ini dipilih salah satu untuk menjadi pemenangnya yang akan mewakili provinsi Kaltim untuk mengikuti lomba kampung tertib lalu lintas di tingkat nasional.

"Untuk wilayah Kaltim, kita punya tiga kampung yang menjadi unggulan, yakni Kukar, Bontang dan PPU. Saya sudah melihat Bontang, saya sekarang melihat Kukar, besok saya akan lihat PPU," ujar Aldo.

Ia menjelaskan, ada beberapa barometer yang menjadi penilaian terkait kawasan kampung tertib lalu lintas ini. Di antaranya, keberadaan rambu-rambu lalu lintas di sekitar kampung. Kemudian keberadaan trotoar untuk fasilitas pejalan kaki.

"Kampung tertib lalu lintas yang ada di Bukit Biru ini sudah bagus dan ada beberapa barometer yang telah diberikan untuk jadi penilaian sudah terpenuhi, dan semakin mendekati barometer kami, maka semakin besar dia menjadi kampung tertib lalu lintas," tuturnya.

Ia menambahkan, kampung tertib lalu lintas ini didirikan untuk mengedukasi masyarakat sejak usia dini. Karena masih banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya berlalu lintas. Oleh karena itu, kesadaran tertib berlalu lintas harus dimulai dari komponen masyarakat yang paling kecil.

"Yaitu keluarga, bapak yang mengingatkan anaknya dan anak yang mengingatkan bapaknya kalau lupa menggunakan helm," terangnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Kukar, AKP Anak Agung Ngurah Alit Saputra, mengaku, kampung tertib lalu lintas ini perlu dukungan dari masyarakat Bukit Biru. Ia pun mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada warga Bukit Biru.

"Saya juga berharap, Bukit Biru bisa menjadi percontohan kampung tertib lalu lintas bagi kampung-kampung lainnya di Kukar. Sehingga budaya tertib lalu lintas itu dapat terwujud," harapnya. (One)

Pasang Iklan
Top