• Senin, 20 Mei 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Desa Muara Ritan, Kecamatan Tabang terus berupaya memaksimalkan potensi yang ada di wilayahnya. Salah satu potensi yang saat ini tengah dikembangkan adalah Objek Wisata Bumi Perkemahan Karangan.

Tempat wisata yang menawarkan keindahan alam diharapkan bisa berkembang dan dapat membantu mengenalkan potensi yang ada di Muara Ritan dan juga nantinya bisa menumbuh kembangkan perekonomian disana.

Kepala Desa Muara Ritan Ardy Maroni mengatakan untuk sektor wisata tahun lalu pihaknya telah membentuk Pokdarwis Pesona Belayan dan tinggal menunggu SK dari kabupaten. Selanjutnya di 2024 ini tahap awal untuk menuju desa wisata di 2025.

"Kita menggaet tenaga ahli untuk bisa mendesain salah satu rencana objek wisata kita yaitu Wisata Bumi Perkemahan Karangan. Jadi itu nanti kita minta tolong kepada tim ahli (arsitektur) untuk mendesain projek pembangunan disana seperti apa. Dan harapannya di 2025 kita bisa mulai pembangunan."ungkapnya.

Ia mengungkapkan untuk membuat tempat wisata, minimal menyiapkan infrastruktur dasarnya dulu. Mudah-mudahan tahun ini juga ada masuk atau yang bikin homestay untuk sarana penunjang desa wisata.

"Karena kita di Desa Muara Ritan belum ada spesifik homestay itu belum punya. Makanya kita dorong dulu tahun ini."jelasnya .

Ia menambahkan perusahaan sekitar juha ada yang membantu dalam mengembangkan wisata. Mereka siap memberikan apa yang diperlukan untuk menunjang pariwisata di Muara Ritan.

"Hanya tinggal menunggu konsep apa yang akan dilakukan oleh desa (program apa). Jadi nanti mereka tunggal suport mengenai apa yang kita butuhkan." imbuhnya.

Semntara Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Dispar Kukar Ridha Fatrianta mengatakan bahwa Dispar Kukar mendukung dengan adanya pengembangan pariwisata di Kecamatan Tabang khususnya di Desa Muara Ritan.

"Dan mereka sudah membantu Pokdarwis, dengan adanya Pokdarwis ini nanti akan mempermudah Dispar untuk memberikan pembinaan dan bantuan. Dengan catatan wisata mereka sudah berkembang dan Pokdarwis nya aktif."ungkapnya .

Ia berharap, apa yang dilakukan oleh Pemdes Muara Ritan merupakan salah satu langkah untuk memaksimalkan potensi desa. Tidak hanya itu, dengan adanya pariwisata ini juga membantu pemerintah mempromosikan Kukar ke darah lain khususnya di sektor pariwisata. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top