• Senin, 20 Mei 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kepala Desa Muara Ritan, Ardy Maroni

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Desa Muara Ritan, Kecamatan Tabang, aktif dalam upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman bagi masyarakatnya. Sebagai langkah awal menuju Desa Ramah Lingkungan, Pemdes Muara Ritan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pengelolaan sampah dan bahkan membentuk Bank Sampah.

Kepala Desa Muara Ritan, Ardy Maroni, menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan berbagai langkah sesuai dengan visi misi dan RPJMDes Muara Ritan, termasuk pembentukan Peraturan Desa (Perdes) tentang pengelolaan sampah, pembentukan tim pemungut sampah, serta pembangunan bank sampah dan Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

"Kami juga aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan melibatkan mereka dalam gotong royong serta memasang papan informasi sebagai himbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan."ujarnya.

Ardy menekankan pentingnya kerjasama antara Pemdes dengan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, dan perusahaan-perusahaan di sekitar desa melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Banyak fasilitas penunjang pengelolaan sampah didukung oleh perusahaan, seperti bank sampah dari PT Tiwa Abadi dan PT Fajar Sakti Prima, serta penyediaan lahan dari REA Kaltim untuk TPS.

Ardy menyebut, Desa Muara Ritan juga mendapatkan dukungan dari Bupati Kukar melalui program BKKD untuk sarana pendukung pengelolaan sampah, termasuk mobil sampah pickup dan biaya operasionalnya.

"Dengan kerjasama dan upaya bersama, diharapkan Desa Muara Ritan dapat menjadi lingkungan yang ramah lingkungan dan bersih, serta memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat setempat."tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top