• Rabu, 15 Mei 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Sekda Kabupaten Kutai Kartanegara Sunggono hadiri Pelepasan Kepala Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah (DISKOPUKM) Kabupaten Kutai Kartanegara, di halaman kantor Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Kutai Kartanegara, Senin (29/04/2024) pagi.

Dalam kesempatan itu, Sunggono mengungkapkan, bahwa sebagaimana diketahui bahwa ASN sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, akan memasuki masa pensiun. Semua ASN akan mengalami hal tersebut, namun sebelum pensiun, apakah telah melakukan hal yang sesuai dengan tugas dan fungsi sebagai ASN yang tentu saja pada organisasi perangkat daerah dimana ASN tersebut bertugas.

"Saya secara pribadi dan atas pemerintah kabupaten kutai kartanegara, mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada bapak Drs. H. Tajuddin, MM, beserta ibu atas segala prestasi dan capaian serta kinerja beliau terhadap pemerintah kabupaten kutai kartanegara, " ungkapnya.

Ia mengatakan, berdasarkan rencana strategis dinas koperasi dan usaha kecil menengah, bahwa terdapat permasalahan yang terjadi yaitu kurangnya peran dan manfaat koperasi dalam perekonomian masyarakat dan UKM yang kurang berdaya saing. Tentu saja hal ini menjadi sasaran kinerja Dinas Koperasi dan UKM dalam penanganan permasalahan tersebut berupa fasilitasi-fasilitasi sertifikasi dan peningkatan sumber daya manusia meskipun hasilnya tidak dalam waktu relatif cepat dan signifikan namun hal itu menjadi suatu keniscayaan.

"Dalam kesempatan ini saya sampaikan, bahwa kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) kerap menuai kritikan, yang mengarah pada metode penilaian kinerja yang dianggap lemah dan kurang menggambarkan kinerja yang sesuai kenyataan, " imbuhnya.

Ia menambahkan, perubahan sistem kerja ASN dan sasaran kinerja pegawai (SKP) yang mengalami perubahan saat ini, masih belum sesuai dan mencerminkan maksud dan tujuan dari regulasi tersebut. Perubahan sistem tersebut dalam rangka percepatan penyesuaian antara kinerja ASN dan tuntutan zaman di era revolusi industri 4.0 sekarang ini. Hal ini sangat penting mengingat perubahan dinamika masyarakat dan era digitalisasi saat ini. Dinamika kebutuhan masyarakat atas kinerja cepat, akurat dan tepat sasaran atas layanan ASN kepada masyarakat sebagaimana peran dan fungsi ASN yaitu pelaksana kebijakan publik, pelayan publik dan perekat dan pemersatu bangsa.

"Selanjutnya ASN juga dituntut untuk core values ASN 'berakhlak' dan employer branding ASN Kutai Kartanegara yaitu 'bangga melayani untuk masyarakat Kutai Kartanegara yang sejahtera dan berbahagia. Hal ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar yang ada di dalam diri ASN di Indonesia dan secara khusus dalam hal ini ASN Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara yang kita cintai, " tutupnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top