• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Ramadhan tahun ini Masjid Besar Daarul Muthmainnah Kelurahan Mangkurawang ditunjuk sebagai lokasi Festival Kampung Ramadhan ke 3 yang dilaksanakan mulai 27 sampai 31 Maret 2024.

Ketua Panitia Pelaksana Muliansyah mengatakan, pelaksanaan kegiatan Festival Kampung Ramadhan ke 3 tahun ini di Masjid Darul Muthmainnah Kelurahan Mangkurawang, yang dibuka pada 27 Maret 2024 lalu oleh Camat Tenggarong Sukono, yang juga bertepatan dengan malam peringatan Nuzulul Qur'an.

"Tahun lalu pelaksanaan Festival ini di Langgar Sadar Mangkurawang, dan tahun ini di Masjid Besar Daarul Muthmainnah. Kita berharap Berkah Ramadhan selalu mengalir untuk Masjid Besar Darul Muthmainnah yang sekarang dalam tahap pembangunan, " ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk peserta lombanya bukan hanya Mangkurawang saja tapi juga ada peserta dari Kelurahan lainnya di Tenggarong dengan jumlah peserta 195 orang. Untuk lomba tahun ini ada praktek wudhu, praktek sholat, hafalan surat pendek, busana muslim, lomba adzan tingkat anak-anak, lomba adzan Ma'asyiral dan ada lomba Pildacil tingkat anak-anak.

"Khusus adzan Ma'asyiral ini salah satu program pengurus Masjid untuk pembinaan secara langsung sehingga peserta ini akan menjadi cikal bakal petugas muadzin sholat jumat, kemudian untuk lomba adzan anak-anak ini diharapkan bisa menjadi petugas bilal atau muadzin di Masjid maupun langgar di Kelurahan Mangkurawang, " tuturnya.

Ia mengaku, bahwa kegiatan ini didukung penuh dari Kelurahan Mangkurawang, kemudian dari masyarakat dan donatur sebanyak 23 orang. Kegiatan ini juga di dukung tim Balakarcana Krama Jaya Kelurahan Mangkurawang.

"Harapan kami dengan semangat keberkahan Ramadhan tahun ini dan beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Besar Darul Muthmainnah ini, sehingga bersama-sama memakmurkan Masjid yang ada di Kelurahan Mangkurawang, " harapnya.

Ia menambahkan, bahwa prinsip kami mari kita bekerja sama, dan mari kita bersama-sama bekerja untuk memakmurkan Masjid sesuai dengan kemampuan yang ada di diri kita. Kalau kita mampu memakmurkan Masjid dengan pemikiran maka kita bantu dengan cara berpikir dan jika mampu dengan finansial, mari kita sisihkan sedikit rezeki kita untuk pembangunan Masjid ini.

"Harapan kami juga semoga tahun-tahun yang akan datang ini tetap bisa dilaksanakan dalam memeriahkan bulan suci Ramadhan, bahkan ada wacana Festival ini berjalan setiap tahun digilirkan beberapa tempat ibadah yang ada di Mangkurawang," pungkasnya. (One)

Pasang Iklan
Top