• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Sebanyak 4 pasar di Kutai Kartanegara menjadi pilot project sebagai bagian dari rencananya dibentuknya Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Perdagangan.

Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar Sayid Fathullah mengatakan, bahwa awalnya dipilih ada 6 pasar berada di sejumlah Kecamatan.

"Di Kukar ada 22 pasar di 20 Kecamatan. Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) pasar tersebut yakni, pasar Tangga Arung, Mangkurawang, Loa Kulu, Samboja. Dan tahun ini sudah diusulkan, tinggal berproses penempatan personilnya sekaligus revitalisasi pasar itu sendiri diinternalnya, diperbaiki segala fasilitasnya untuk mendukung jual beli pedagang di daerah yang dibentuk UPTD." ujar Fathullah.

Tujuan dibentuknya UPTD ini adalah untuk mengoptimalkan pengelolaan pasar. Karena selama ini pasar pasar itu di dahulunya bernama Unit Pelayanan Pasar (UPP), dimana ruang lingkupnya lebih kecil sedangkan UPTD ruang lingkupnya lebih besar tanggungjawab dan kewenangannya. Artinya kelas pasar itu lebih meningkat. Jadi lebih kepada optimalisasi pasar tersebut.

"Harapan kita pasar pasar di Kukar mengarah ke roll model seperti penataan pasar, kebersihannya, fasilitas, keamananya, kenyamannya." ungkapnya.

Jadi pasar itu dikelola mirip seperti Semi Mall bersih dan nyaman, sehingga dampaknya PAD akan meningkat. Karena semakin banyak orang berkunjung termasuk parkir, pedagang juga semakin banyak karena dikelola dengan baik.

"Dan harapan kami dengan dibentuknya UPTD ini dapat memotivasi para pedagang untuk masuk ke Pasar yang sudah ditentukan dan tidak ada lagi pasar pasar yang terpisah, pasar pasar liar karena sudah ada tempatnya." tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top