• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Kartanegara (Kukar) menargetkan Pembangunan Pabrik Rumput Laut di Kecamatan Muara Badak selesai pada akhir 2024 mendatang.

Plt Kepala Disperindag Kukar Sayid Fathullah mengatakan, bahwa pembangunan pabrik rumput laut di Kecamatan Muara Badak terus berjalan. Saat ini progres pembangunan sedang tahap melengkapi fasilitas penunjang pabrik tersebut.

"Kami menargetkan pembangun pabrik rumput laut akan rampung pada Desember 2024 ini, sehingga awal 2025 pabrik tersebut dapat dioperasikan." kata Fathull Kamis (21/3/24).

Ia menyebutkan di tahun ini Disperindag telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 20 milliar lebih, untuk pembangunan penunjang pabrik rumput laut di Muara Badak. Adapun pembangunan penunjang meliputi pagar, mushola, semenisasi jalan dan lainnya. Kalau bangunan utama pabrik telah 100 persen, tinggal penunjangnya saja yang perlu dilengkapi.

Fathullah menambahkan bahwa kebijakan hilirisasi pabrik rumput laut di Muara Badak bertujuan untuk memperkuat perekonomian masyarakat setempat, khususnya petani rumput laut, dengan harapan meningkatkan kesejahteraan dan menyerap hasil rumput laut dengan lebih baik.

"Dengan adanya pabrik tersebut, kami berharap para petani rumput laut dapat menjadi lebih sejahtera dan hasil produksinya dapat terserap dengan baik." tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top