• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) akan menggelar sertifikasi dan pelatihan bagi Kelompok Sadar Pariwisata (Pokdarwis). Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan Pokdarwis agar mampu berkembang mengelola tempat wisatanya.

Plt Kepala Dispar Kukar Sugiarto melalui Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Airin Susanti mengatakan bahwa tahun ini Dispar Kukar akan menggelar bebeapa kegiatan pengelolaan destinasi pariwisata Kabupaten Kota. Di dalamnya ada 5 item kegiatan. Di tahun ini ada sertifikasi lanjutan untuk pemandu diving. Kegiatan ini merupakan sertifikasi lanjutan pada 2022 lalu

"Untuk tahun ini ada 30 peserta diving untuk pemula dan lanjutan khusus untuk kelompok sadar wisata." kata Airin Rabu (20/3/24).

Dispar juga akan mengadakan sertifikasi pemandu wisata pedesaan khusus untuk kelompok sadar wisata di Kukar. Yang menyasar kurang lebih ada 60 pokdarwis yang ada di Kukar. Pembinaan dan pelatihan sesuai dengan potensi yang ada di wilayah pemandu wisata.

Selain itu ada pelatihan untuk pengelolaan wisata buatan, pelatihan pengelolaan wisata. sertifikasi penjamah makanan dengan sertifikasi kebersihan.

Kegiatan ini telah dilakukan perencanaan, persiapan, baru pelaksanaan karena harus menginput di sistem e-pantau itu misalnya di Januari Maret masih di triwulan pertama untuk persiapan seperti belanja ATK, baju dan peralatan lainnya dan nanti tinggal pelaksanaan.

"Kami akan laksanaan kegiatan tersebut setelah lebaran yakni pada April mendatang. Kegiatan sertifikasi dan pelatihan tersebut juga akan bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jana Darma." tutupnya . (adv/dri)

Pasang Iklan
Top