• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Selama bulan suci ramadan tahun 2024, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmatan) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan imbauan kepada masyarakat menggunakan kendaraan roda empat dilengkapi dengan pengeras suara di sekitar wilayah Tenggarong.
Tujuannya adalah untuk mengantisipasi terjadinya musibah kebakaran selama bulan puasa.

Kepala Disdamkarmatan Kukar, Fida Hurasani, menjelaskan bahwa melalui pengeras suara, mereka menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat agar lebih berhati-hati selama jam-jam krusial di bulan puasa.

"Karena waktu sahur, berbuka puasa, dan salat tarawih menjadi waktu-waktu di mana kelalaian dapat terjadi." kata Afe" sapaan akrab Fida Hurasani, Rabu (13/3/2024).

Afe' mengungkapkan bahwa keteledoran atau human error menjadi faktor utama penyebab kebakaran selama bulan ramadhan. Oleh karena itu, patroli di kawasan padat penduduk ditingkatkan intensitasnya selama bulan puasa, dengan tambahan imbauan melalui pengeras suara setelah salat tarawih dan sebelum sahur.

Dan patroli imbauan juga dilakukan di kecamatan-kecamatan, kelurahan, dan desa-desa lain yang ada di Kukar. Fida menegaskan bahwa tujuan dari imbauan ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan dan menjaga rasa aman serta nyaman selama bulan suci Ramadan, terutama dalam menghadapi risiko kebakaran.

"Kami mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati di rumah, serta memeriksa kembali api kompor dan sambungan kabel yang masih menyala untuk memastikan keselamatan rumah dari potensi kebakaran." tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top