• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Belum lama ini Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar menerima beberapa usulan kegiatan pada Musrenbang tingkat kecamatan tahun anggaran 2025. Salah satu usulan tersebut adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Kepala Bidang Pemasaran Dispar Kukar Triyatma mengatakan usulan masyarakat kepada Dinas Pariwisata Kukar disampaikan saat Musrenbang di 20 Kecamatan Kukar. Ada banyak usulan dari masyarakat khususnya di wilayah hulu seperti Muara Wis dan Muara Muntai terkait peningkatan SDM.

Masyarakat mengharapkan ada program dari Dispar Kukar untuk membantu para pelaku wisata dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam mengelola Pariwisata agar lebih menarik wisatawan. Salah satunya pelatihan pramu saji, pengelolaan tempat wisata dan promosi.

"Kami menerima semua usulan tersebut dan nantinya akan dipilah mana yang lebih prioritas. Kami juga telah menyampaikan beberapa Program di Dispar seperti program Kukar Kaya Festival dan Kukar Kreatif Idaman. Dan mereka menyambut dengan adanya program tersebut." kata Triyatma belum lama ini

Selain dua program tersebut ada beberapa program peningkatan SDM yang telah disiapkan. Seperti pelatihan peningkatan SDM, sertifikasi pemandu wisata, pelatihan untuk mengelola pariwisata dan promosi tempat wisata.

Selain daripada usulan peningkatan SDM ada juga beberapa usulan yang disampaikan oleh Pokdarwis. Usulan tersebut berkaitan dengan bantuan fasilitas pendukung tempat wisata contohnya toilet, sapras pendukung wisata, bantuan kendaraan pengangkut wisatawan seperti bannana boots maupun sepeda.

Dispar siap membantu jika ada Pokdarwis yang ingin mengajukan bantuan seperti sapras, tentunya dengan syarat Pokdarwis tersebut aktif dalam mengelola tempat wisata dan tempat wisata tersebut telah berkembang.

"Kami berharap dengan adanya usulan yang disampaikan melalui Musrenbang, nantinya bisa disinkronkan dengan Program Dispar Kukar. Sehingga usulan mereka bisa diakomodir dan direalisasikan pada tahun 2025 mendatang." pungkasnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top