• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Guna mendukung pembangunan desa, Pemerintah Desa Muara Siran, Kecamatan Muara Kaman telah menyiapkan tiga program prioritas untuk tahun 2024, yaitu Peningkatan Sumber Daya Manusia, Infrastruktur, dan Ekonomi Kerakyatan.

Kepala Desa Muara Siran, Ishan Mashor menjelaskan program yang akan direalisasikan adalah Program peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan dan bimbingan teknis bagi perangkat desa.

Kedua, adalah peningkatan infrastruktur desa, seperti semenisasi jalan dan perbaikan jembatan yang rusak. Sedangkan program ketiga adalah peningkatan ekonomi kerakyatan, dengan fokus pada nelayan dan pengadaan kerbau kalang untuk menghindari pembakaran lahan.

"Untuk mendukung program-program tersebut, desa Muara Siran akan menggunakan dana dari APBD Kabupaten, CSR perusahaan. Beberapa kegiatan yang sudah berjalan diantaranya bantuan alat tangkap ikan ramah lingkungan dan semenisasi jalan jembatan." kata Ishan saat dikonfirmasi Kamis (7/3/24).

Ia menambahkan untuk program yang sudah jalan tahun ini antara lain untuk masyarakat ada bantuan alat tangkap ikan ramah lingkungan. Termasuk bantuan ketinting untuk menangkap ikan, ada bantuan dari pihak Kabupaten semenisasi jalan jembatan, dari APBD desa juga ada semenisasi jalan jembatan.

Kemudian dari Dinas Perkim juga ada kegiatan masuk yakni air air minum desa. Serta bantuan CSR yakni penambahan bangunan di wisata danau siran dan penerangan jalan tenaga surya

"Kami berharap agar desa Muara Siran dapat menjadi desa yang maju dan setara dengan desa-desa lain di pinggiran kota. Dia juga meminta dukungan dari semua stakeholder untuk mengalokasikan dana yang tersedia ke desa mereka, terutama untuk meningkatkan infrastruktur dan mengatasi masalah banjir di beberapa titik jalan." tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top