• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar kini memiliki Drone Sprayer yang bertujuan untuk membantu petani dalam mengatasi hama dan penyakit pada tanaman padi, sebagai upaya meningkatkan produktivitas pertanian.

Drone tersebut telah diujicobakan di lahan pertanian di Loa Kulu, salah satu kawasan pengembangan padi di Kukar. Alat ini diharapkan dapat efektif mengendalikan hama dan penyakit, serta menyemprotkan pupuk cair.

Menurut Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Distanak Kukar, Sugiono, drone sprayer ini memiliki dua fungsi utama, yaitu mengendalikan hama dan penyakit serta menyemprotkan pupuk cair, lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan cara manual.

Setelah diuji coba, Sugiono mengungkapkan kepuasannya dengan hasilnya, karena alat ini mampu menjangkau area yang luas dalam waktu singkat.

"Drone sprayer ini akan dioperasikan oleh petugas yang telah mendapatkan pelatihan khusus. Kami Distanak Kukar berharap dapat mengoperasikan alat ini di seluruh lahan pertanian di wilayah tersebut, terutama yang sering terkena hama dan penyakit." ujar Sugiono Rabu (6/3/24).

Ia menambahkan, inovasi ini merupakan upaya Distanak Kukar untuk meningkatkan produktivitas pertanian, dengan harapan memberikan manfaat bagi petani baik dalam hal kualitas maupun kuantitas hasil panen, serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan petani di Kukar.

"Kami berharap alat ini dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan petani di Kukar," tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top