• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pariwisata Kukar menggelar Pesta Laut Pesisir Nusantara 2024 yang akan dimeriahkan oleh tiga artis dari ibukota dan puluhan stan UMKM. Acara ini akan berlangsung dari tanggal 2 hingga 6 Maret 2024 di Halaman Pasar Kuala Samboja.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, Slamet Hadiraharjo, melalui Adyatama Parekraf Dispar Hadiyansah, menjelaskan bahwa semua persiapan untuk pesta laut ini telah dilakukan, termasuk izin dan persiapan acara. Sebagai bagian dari persiapan, hari ini diadakan acara ritual adat oleh pihak Kecamatan dan tokoh adat di Samboja.

"Acara ini akan diawali dengan ritual melarung oleh para nelayan dan lomba perahu hias. Untuk memeriahkan festival ini, kami mengundang beberapa artis dari ibukota seperti Caca Handika, Geya Yubi, dan Guyon Waton. Selain itu, akan ada penampilan band lokal, tarian tradisional, dan hiburan DJ,"kata Hadiyansah Jum'at (1/3/24).

Ia menyebut nantinya acara akan dibuka oleh Bupati pada hari Minggu, 3 Maret, dan akan berlangsung di dua lokasi, yaitu halaman pasar Kuala Samboja dan area pantai untuk acara melarung. Sebanyak 70 tenda UMKM juga disediakan bagi masyarakat yang ingin menjual dagangannya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan adat dan budaya, khususnya dengan mengadakan acara syukuran melarung hasil alam yang menjadi mata pencaharian para nelayan.

Pesta Laut Pesisir Nusantara merupakan kegiatan yang didukung dan disuport oleh Dispar Kukar, dan sudah masuk ke dalam kalender event mereka.

"Harapannya, festival ini dapat mendukung program-program dari Bupati dan Wakil Bupati, seperti Kukar Kaya Festival dan Kukar Kreatif Idaman, serta memberikan efek ekonomi positif kepada masyarakat melalui partisipasi kelompok seni lokal." tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top