• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Rapat Kerja Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif se-Kalimantan Timur yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kaltim, berlangsung di Objek Wisata Langit Timur, Desa Loa Ulung, Tenggarong Seberang pada Sabtu (24/2/24). Rapat tersebut membahas rencana bantuan kepada daerah yang memiliki potensi unggulan di sektor pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kukar, H Slamet Hadiraharjo, mengatakan bahwa kegiatan Raker tahun ini diadakan di Kukar dengan tempat pelaksanaan di Langit Timur. Meskipun banyak objek wisata di Kukar, provinsi memilih Langit Timur untuk memperkenalkan potensi wisata kepada daerah lain.

Dalam rapat ini, dibahas beberapa rencana kerja di masing-masing daerah serta rencana bantuan dari Dispar Kukar untuk memaksimalkan potensi pariwisata di Kukar.

"Kami mengusulkan bantuan untuk Kukar Festival Budaya Nusantara agar kegiatan yang sudah direncanakan Dispar Kukar tahun ini dapat terlaksana dengan baik, dengan dukungan pemerintah provinsi," ujar Slamet.

Dia menegaskan bahwa Kukar menjadi kiblat ekraf di Kaltim, diakui oleh Kementrian sebagai salah satu kabupaten/kota kreatif di Indonesia. Kukar sudah memiliki SK dari Bupati tentang Kekraf sejak 2019 dan telah memiliki gedung kreatif di Bundaran Tuah Himba yang diharapkan akan segera selesai.

Untuk mempertahankan keunggulan ini, Dispar Kukar perlu meningkatkannya, dengan melibatkan berbagai pihak seperti Dispora dan Disdikbud dalam kolaborasi untuk mendukung pengembangan subsektor unggulan, seperti film dan fotografi.

"Kita tidak bisa berjalan sendiri, kita perlu kolaborasi antarsektor untuk mengembangkan potensi pariwisata Kukar," tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top