• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Aji Ali Husni Kepala Dispora Kukar

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya meningkatkan pengelolaan fasilitas olahraga yang ada dengan cara berkolaborasi dengan pihak swasta. Salah satunya adalah Lapangan Mini Soccer di Kompleks Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang.

Kepala Dispora Kukar Aji Ali Husni mengatakan bahwa Dispora menyediakan sarana dan prasarana untuk meningkatkan venue olahraga di Kukar, namun dalam proses kedepan akan menggandeng mitra untuk bagaimana pengelolaanya bisa berjalan maksimal.

"Kalau pemerintah yang mengelola, banyak hal yang menjadi keterbatasan tapi kalau dikelola langsung oleh pihak yang berpengalaman di olahraga khususnya di venue, ini juga bisa dikelola langsung," ujar Ali Kamis (15/2/24).

Karena kalau pihak ketiga yang mengelola, bagaimana mereka mendapatkan pendapatan yang banyak selain melaksanakan event. Dan perkembangan olahraga semakin bagus, tapi kalau pemerintah daerah terbatas dalam pengelolaan. Dimana tempat olahraga yang dikelola oleh swasta lebih maju dibandingkan yang dikelola oleh pemerintah. Pemerintah hanya bisa masuk beberapa persen itu baru bisa dimasukkan di biaya perawatan.

"Begitu kaku dikelola oleh pemerintah, tapi kalau dikelola oleh swasta itu mudah. Hari ini dapat uang kelebihan, besok dia bisa masukan penambahan sapras. Kalau kita dapat PAD tidak masuk ke kita, tapi masuk ke Kas Daerah tunggu setahun dulu baru bisa kita kelola," ungkapnya.

Saat ini Dispora masih mencari mitra seperti yang di pengelolaan kebun sawit, sehingga nanti kalau ada mitra untuk pengelolaannya maka Dispora tidak lagi mengalokasikan anggaran untuk perawatan. Murni mereka yang merawat, biaya operasional juga sama dan biaya APBD tidak terbebani dengan pemeliharaan yang ada.

"Harapan kami ada pemodal-pemodal internal kita yang dari Kukar, dan tentunya mau menginvestasikan serta peduli. Kami senang kalau ada yang mau bermitra dengan Dispora seperti pengelolaan kebun kelapa sawit yang ada di Kompleks Stadion Aji Imbut," tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top