• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG - (KutaiRaya.com) Dalam upaya memasarkan produk lokal, Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar menjalin kolaborasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar. Fasilitas ini dianggap penting untuk mempromosikan produk bagi pelaku ekonomi kreatif di Kukar, mengingat pentingnya media online dalam era perkembangan zaman untuk memasarkan produk.

Kepala Dispar Kukar, H Slamet Hadiraharjo, melalui Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif (Ekraf) David Haka, menjelaskan bahwa upaya pemasaran produk lokal telah dilakukan sejak lama melalui kerjasama dengan OPD terkait. Pelaku ekonomi kreatif, khususnya UMKM, diberikan pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kuliner untuk mengembangkan usaha mereka.

Dispar bekerja sama dengan Disperindag dalam mencari pasar yang cocok bagi produk UMKM Kukar, sehingga produk lokal dapat dipasarkan di toko modern seperti Swalayan.

"Meskipun peran pemerintah daerah hanya sebatas memberikan fasilitasi dan regulasi, kebijakan terkait pemasaran produk lokal juga dapat dibuat." kata David Kamis (8/2/24).

David Haka menekankan bahwa pelaku ekonomi kreatif memiliki kreativitas luar biasa dalam mengembangkan usahanya, dan pihaknya mendukung agar produk lokal dikenal lebih luas. Dengan demikian, diharapkan terjadi peningkatan penjualan produk lokal dan perekonomian masyarakat.

"Kolaborasi antar OPD diharapkan dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Kukar." tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top