• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) tengah mempersiapkan sekitar 40 event untuk dijadikan kalender event tahun 2024. Festival-festival ini akan diselenggarakan di seluruh Kecamatan di Kukar, melibatkan zona pesisir, tengah, hingga hulu.

Kepala Dispar Kukar, H Slamet Hadiraharjo, melalui Kabid Pemasaran Pariwisata Triyatma, mengatakan bahwa puluhan festival tersebut bukan hanya untuk hiburan dan pelestarian seni dan budaya, namun untuk mendorong meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan, yang nantinya diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi positif bagi masyarakat setempat.

"Pembahasan kalender event tahunan sedang berlangsung bersama stakeholder terkait, baik dari pemerintah Kecamatan maupun desa," ujar Triyatma.

Penetapan kalender event dijadwalkan pada Februari 2024 setelah melibatkan berbagai pihak, termasuk Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf), dunia usaha, pelaku UMKM, serta pelaku seni dan budaya.

Pelaksanaan event ini bukan hanya tanggung jawab Pemkab Kukar, tetapi juga melibatkan tingkat desa dan kelurahan. Triyatma menekankan bahwa event ini memberikan dampak positif dan menjadi sarana promosi potensi pariwisata di Kukar.

Dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk pelaku seni dan UMKM, Dispar Kukar berharap event-event ini dapat meramaikan dan mensukseskan potensi pariwisata daerah. Antusiasme para pelaku seni dan UMKM memberikan kontribusi positif terhadap keberhasilan event-event tersebut.

Dan dalam pelaksanaan event, pemerintah daerah lebih mengutamakan pelaku lokal, memastikan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat setempat, dan memberikan kontribusi pada peningkatan perekonomian daerah.

"Melalui event yang dilaksanakan Dispar Kukar, kami berharap dapat memberikan ruang dan meningkatkan perekonomian masyarakat," tambahnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top