• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara menggelar rapat terkait persiapan kegiatan Ekspresi Idaman Budaya Tradisional Kukar dengan tagline "Karya Cipta Budaya Lestarikan Budaya, Langgong Budaya Etam". Rapat tersebut berlangsung di Ruang Rapat Kabid Kebudayaan Kamis (16/11/23).


Rapat yang dipimpin oleh Kabid Kebudayaan Disdikbud Kukar Puji Utomo, turut menghadirikan para komunitas yang ada di Kukar, dan unsur Forkopimda dari Polsek Tenggarong, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan.

Program Inovasi Ekspresi Idaman Budaya Tradisional Kutai Kartanegara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun Anggaran 2023.

Kabid Kebudayaan Puji Utomo mengungkapkan apresiasi terhadap peran bidang kesenian, di mana kegiatan ini mampu membentuk ekspresi seni yang dapat ditampilkan kepada masyarakat luas.

"Kegiatan ini akan melibatkan komunitas kesenian. Upaya ini kami lakukan sebagai pemantik. Jadi dari telen-telen yang ada di Kukar, dimana mereka selama ini taunya berlatih dan berlatih, tidak ada panggung. Oleh para komunitas membantu mereka menyemangati mereka dengan membentuk kegiatan ekspresi di titik nol dalam waktu dekat ini." ujarnya.

Selain mendukung ekspresi seni, kegiatan ini bertujuan untuk membangun kepercayaan diri anak-anak, karena akan melibatkan partisipasi para pelajar dalam menampilkan kesenian mereka kepada masyarakat.

Ia menambhakan dalam kegiatan tersebut nantinya akan ada himbauan agar para penonton untuk menjaka kebersihan. Mengingat kebersihan sebagai bagian dari budaya yang harus ditanamkan pada masyarakat. Artinya menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait kebersihan.

Selain itu para pendatang juga dihimbau untuk bisa memakai pesapu (ikat kepala) khas kutai dan selendang, karena dengan menggunakan pesapu dan selendang dapat menonjolkan adat dan budaya di Kutai.

"Meskipun waktu pelaksanaan kegiatan ini belum disepakati, kami berharap kegiatan ini dapat terlaksana dalam waktu dekat dan berjalan lancar." pungkasnya. (Dri/Adv)

Pasang Iklan
Top