• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kabid Pengelolaan Obyek dan Sarana Pariwisata M Ridha Fatrianta)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Kepala Dispar Kukar Slamet Hadiraharjo melalui Kabid Pengelolaan Obyek dan Sarana Pariwisata M Ridha Fatrianta mengatakan, pihaknya mengimbau kepada pengelola destinasi wisata di Kukar supaya mulai sadar dalam mengelola sampah.

"Terutama saat musim penghujan. Gerakan pengelolaan sampah yang baik, di samping merawat keindahan, bisa menambah nilai ekonomis, juga menjadi kesiapan bagi destinasi dalam menyambut wisatawan yang datang," ujar M Ridha Fatrianta.

Ia mengaku, pengelolaan sampah di destinasi wisata merupakan tanggung jawab pengelola, maka harus dikelola sampah secara mandiri.

"Untuk itu kami berupaya memfasilitasi pihak pengelola wisata di Kukar dengan memberikan pelatihan sanitasi dan pengelolaan sampah obyek wisata dan kegiatan ini sudah dilaksanakan beberapa bulan lalu," terangnya.

Ia berencana, pada November mendatang akan dilaksanakan pelatihan sanitasi dan pengelolaan sampah obyek wisata dan rencananya akan diikuti oleh Pokdarwis se Kukar.

"Pengelolaan sampah wisata harus dikelola secara baik, sebab akan ada nilai ekonomisnya yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," tutupnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top