• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara turut berpartisipasi dalam kegiatan Pekan Batik Nusantara 2023, yang berlangsung mulai 25 sampai 29 Oktober, dilapangan Mataram Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Menurut Kadispar Kukar Slamet Hadiraharjo, kegiatan Pekan Batik Nusantara 2023 dilaksanakan dalam rangka memperingati dan merayakan Hari Batik Nasional ke 14, kegiatan ini meningkatkan pemasaran batik dan meningkatkan kunjungan wisatawan Nusantara.

"Pekan Batik Nusantara yang ke-12 ini menampilkan rangkaian kegiatan yang spektakuler, seperti halnya agenda Business Forum yang diselenggarakan untuk memperluas akses pemasaran batik Nusantara. Pameran Nasional diikuti berbagai stake holder, pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kabupaten/kota di Indonesia, BUMN, BUMD, Kedutaan Besar Negara sahabat, swasta, buyer, investor dan UMKM serta Start up," tuturnya.

Terkait keikutsertaan Kukar dalam acara ini, Slamet mengaku sebagai upaya mempromosikan batik khas Kutai, pihaknya memfasilitasi dua pengrajin batik untuk mengikuti acara Pekan Batik Nusantara.

"Dua pengrajin tersebut berasal dari Kecamatan Tenggarong dan Loa Kulu. Tujuan dari kegiatan tersebut untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan berbagai jenis batik khas Kukar ditingkat Nasional. Kita memiliki ciri khas batik tersendiri, ada berbagai macam motif batik dari Kukar diantaranya, motif gasing, keminting, lipan dan lainnya," terangnya.

Ia menambahkan, hal ini juga bagian upaya pemerintah dalam mendorong para pelaku ekonomi kreatif di Kukar agar lebih bersemangat dalam berkarya dan menghasilkan produk yang mampu bersaing di pasar.

"Dengan mengikuti Pekan Batik Nusantara tersebut industri kerajinan batik Kukar tidak hanya akan semakin dikenal luas, tapi juga akan memberikan dampak enokomis, terutama bagi para pelaku industri kerajinan batik di Kabupaten Kukar," tutupnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top