• Rabu, 24 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





KUKAR (KutaiRaya.com) - Pemerintah Desa (Pemdes) Jembayan Tengah Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kukar bakal gelar Festival Kampung Seraung, yang rencananya dilaksanakan pada BulanJuni 2023.

Menurut Kasi Pemerintahan Desa Jembayan Tengah Safri, digelarnya festival ini mengingat masyarakat di Desanya sudah lama tanaman jenis rumput yang menyerupai pandan. Sebagai bahan membuat saraung atau topi lebar untuk pelindung kepala.

"Tanaman yang banyak tumbuh liar ini membuat berkah bagi masyarakat sekitar. Hingga saat ini, masyarakat yang berlokasi di Desa Jembayan Tengah mayoritas sebagai pengrajin seraung. Nantinya, produk buatan tangan asli penduduk kampung tuha ini pun akan dipromosikan lewat Festival Kampung Seraung," terangnya.

Adapun dinamakan sebagai Kampung Seraung, Safri menjelaskan, hal tersebut memiliki filosofi tersendiri. Dimana, di dalam kampung tuha tersebut terdapat tanaman selingsing dan disitu juga terdapat pengrajin seraung, yang bahan bakunya juga berasal dari tanaman itu sendiri.

"Jadi karena Selingsing itu Kampung Tuha dan itu akan dijadikan Kampung seraung," imbuhnya.

Safri mengaku, Festival tersebut digelar dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 Desa Jembayan Tengah.

"Festival akan berlangsung selama lima hari dengan berbagai rangkaian acara. Diantaranya bazar, pawai kesenian, penampilan seni topeng pantul dan hiburan pentas seni budaya pada malam harinya. Lalu ada workshop pembuatan seraung, lomba olahraga tradisional gasing dan lomba Azan khusus anak-anak dari sisi keagamaannya," tuturnya.

Ia menambahkan, Festival Kampung Seraung ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Desa Jembayan Tengah. Namun, festival Kampung Seraung ini sempat vakum beberapa tahun akibat pandemi Covid-19. Selain memperkenalkan budaya seraung, Festival Kampung Seraung ini juga diharapkan menjadi tempat untuk menggali potensi yang ada di Desa Jembayan Tengah.

"Jadi ini salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sama memperkenalkan seni budaya yang ada dan untuk menggali potensi desa," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top