• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Ketua Pokdarwis Demong Sora, Masdar

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Demong Sora Muara Kaman mengajak dua desa yang ada di Kecamatan Muara Kaman yaitu Desa Panca Jaya dan Cipari Makmur untuk mengembangkan objek wisata alam. Mengingat potensi alam yang mampu dikembangkan jadi pariwisata.

Ketua Pokdarwis Demong Sora, Masdar menyebutkan, adapun rencana pembangunan objek wisata alam meliputi air terjun, puncak, pemancingan dan kolam renang hingga pelestarian hutan Muara Kaman.

Karena banyak tempat-tempat seperti pemandangan diatas puncak atau sering disebut Gunung Malang itu, dapat melihat kelap-kelip lampu jembatan Kutai Kartanegara di Kecamatan Tenggarong. Serta menikmati keindahan lampu-lampu rumah warga dua Kecamatan yakni Muara Kaman dan Sebulu.

"Untuk pengembangan wisata ini masih dalam proses pembuatan jalan menuju obyek air terjun dan puncak. Saat ini kita buatkan jalan, karena masih hujan jadi belum bisa dikelola secara maksimal,"kata Masdar.

Ia mengungkapkan karena wisata ini masih dalam perencanaan sehingga fasilitas penunjang belum tersedia. Dan Pokdarwis telah mengajukan bantuan pengembangan wisata melalui anggaran dana desa dan dana CSR perusahaan untuk pembangunan jalan.

"Pembangunan jalan ini sudah dapat persetujuan dari perusahaan dan sudah ditinjau. Jika cuaca panas, jalan akan diperbaiki kembali,"jelasnya.

Dikatakan Masdar, dengan hadirnya objek wisata ini nanti diharapkan akan melestarikan hutan perbatasan antara Muara Kaman dan Sebulu. Pokdarwis akan bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim, melalui UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Santan.

"Selain itu, kami secara swadaya membangun wahana pemancingan hingga kolam renang khusus anak kecil, usia SD sampai SMP. Mudahan wisata ini segera terbangun dan mempu memberikan dampak perekonomian bagi dua desa ini." pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top