• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar Arianto

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Sebanyak 19 Kecamatan yang terdiri 800 posyandu di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ikut berpartisipasi dalam Penilaian Posyandu Terbaik di tahun 2023. Mereka saling bersaing untuk menjadi posyandu terbaik tingkat Kabupaten Kukar.

Tercatat posyandu tersebut tersebar di 19 Kecamatan terdiri dari 193 desa dan 44 kelurahan di Kabupaten Kukar. Adapun penilaiannya dilakukan berjenjang, mulai tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga nasional. Dan tahun ini Kukar turut berpartisipasi dalam ajang tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar Arianto mengatakan bahwa ajang posyandu tingkat kabupaten ini sudah telah dilakukan penilaian posyandu terbaik di tingkat kecamatan.

"Untuk lomba posyandu yang ditetapkan di ada 19 kecamatan masing-masing. Kebetulan yang bisa ikut dari 20 kecamatan itu 19, karena Kecamatan Kota Bangun Darat baru dilaksanakan atau baru diisi dan belum siap."kata Arianto Senin (1/5/23).

Total 19 kecamatan yang siap. Ini sudah dilakukan penilaian oleh tim penilai yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Perlindungan Anak dan Perempuan, Dinas KB, dan dari Program Keluarga Harapan (PKH) sudah melakukan penilaian terhadap posyandu terbaik tingkat kecamatan.

"Dan saat ini proses penilaian oleh tim kabupaten untuk menentukan 6 posyandu terbaik tingkat Kabupaten Kukar yang nanti akan kami sampaikan."jelasnya.

Arianto menyebut untuk kriteria penilaiannya sendiri itu banyak, unsur yang dinilai seperti sarana prasarana posyandu, keaktifan kader, kapasitas kadernya, dan keaktifan kegiatan posyandu sendiri , dan inovasi di posyandu itu salah satunya beberapa unsur yang dilakukan oleh tim penilai.

"Penilaian ini sudah selesai bulan Mei ini, tinggal nanti melihat akumulasi nilai seperti apa. Nanti kita akan sampaikan ke tingkat provinsi. Dimana untuk lomba posyandu tingkat provinsi nanti akan dilaksanakan pada bulan Juni 2023 mendatang." jelasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top