• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Bupati Kukar Edi Damansyah)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Untuk mewujudkan Kabupaten Kukar menjadi lumbang pangan di Kaltim, Pemkab Kukar bakal mendatangkan tenaga ahli dan riset pupuk hayati dari PT Madubaru Yogyakarta.

Menurut Bupati Kukar Edi Damansyah, konsep yang dibawa oleh ahli pertanian dari Yogyakarta akan merubah budaya kerja petani terutama di Kukar.

Hal ini diungkapkan Bupati Kukar Edi Damansyah belum lama ini.

"Selama ini, dalam penanganan lahan dengan tingkat keasaman tinggi selalu menggunakan kapur dan pupuk kimia. Ke depan, itu tidak dibutuhkan lagi. Dengan pupuk hayati atau organik yang ditawarkan tidak memerlukan semua itu," jelas Edi Damansyah.

Ia menambahkan, kedatangan tenaga ahli dan riset untuk membuat demplot di sejumlah lokasi, yakni Muara Kaman, Sebulu, Tenggarong Seberang, dan Loa Kulu.

"Selain itu, Pemkab Kukar juga berencana membangun demplot di lima kawasan pertanian dengan pengembangan pupuk organik. Sebab beberapa kabupaten dan kota sudah menerapkannya, " tuturnya.

Ia berharap, dengan konsep ini penggunaan beberapa temuan baru terutama pupuk hayati atau organik ini, kesulitan pupuk di tengah-tengah petani bisa diatasi. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top