• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar Alfian Noor)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar Alfian Noor memastikan, tahun ini ada dua rencana pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kabupaten Kukar yang masuk dalam tahap pembenahan, yakni di Kecamatan Kota Bangun dan Loa Janan.

"Dan tahun ini yang kita benahi ini adalah di Kecamatan Kota Bangun dan Loa Janan, " ujar Alfian Noor.

Ia menjelaskan, untuk TPA Loa Janan belum operasional, tetapi fasilitas infrastruktur seperti jalan menuju TPA dan lahan sudah ada, sekarang yang kita benahi adalah legalitas status lahannya.

"Jadi ada lahan yang dihibahkan, ada lahan yang memang kita bebaskan, untuk tanah yang dihibahkan ini harus kita selesaikan legalitasnya, dan di tahun ini yang kita benahi TPA Kota Bangun dengan TPA Loa Janan, " jelasnya.

Ia mengatakan, pembangunan TPA ini merupakan salah satu program dedikasi Bupati Kutai Kartanegara yakni program Kukar Peduli Lingkungan, ditujukan untuk membangun sistem pengelolaan lingkungan dengan menitik beratkan pada penguatan pengawasan, penyediaan sarana dan prasarana pengelolaan persampahan.

"TPA ini melalui program dedikasi itu yang sudah operasional di Kecamatan Kota Bangun, tapi kita harus ada pembenahan lagi, ada TPA Bekotok Tenggarong itu sudah operasional kemudian di Samboja juga, " tuturnya.

Ia menambahkan, sebenarnya dari hasil kajian master plan pihaknya berencana menyediakan 7 TPA untuk di Kukar. Namun hanya 6 TPA yang rencana kita bangun dan dilakukan pembenahan.

"Kemungkinan kalau IKN itu sudah berjalan, dan kemudian nanti ada pembinaan status lahannya, kemungkinan TPA yang di Samboja kita serahkan ke IKN. Jadi masih ada 6 TPA yang kita bangun dan dilakukan pembenahan yakni di Kecamatan Tenggarong, Loa Janan, Marangkayu, Sebulu, Kota Bangun dan di Kembang Janggut itulah TPA yang representatif di Kukar, " tandasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top