• Jum'at, 26 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Anggota DPRD Kaltim Bagus Susetyo)


SAMARINDA (KutaiRaya.com) - Permasalahan sengketa lahan antara Kodam VI Mulawarman dengan warga Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan mendapat tanggapan dari anggota DPRD Kaltim dari Dapil II Balikpapan Bagus Susetyo.

Anggota Komisi III dari Fraksi Gerindra ini mengaku, sengketa lahan yang melibatkan masyarakat kecil sudah kerap terjadi di Kaltim.

"Untuk itu harus ada penyelesaian agar warga mendapatkan kepastian dan tidak mengalami intimidasi dari oknum tertentu. Kalau memang legalitas lahan warga benar maka segera lakukan ganti rugi, tetapi perlu dilihat kembali lagi dokumen-dokumennya seperti apa," ujarnya.

Ia pun berharap, DPRD Kaltim segera memfasilitas kedua belah pihak agar persoalan tersebut tidak berlarut-larut dan tidak menimbulkan konflik.

"Mereka ini masyarakat kecil yang tidak tau apa-apa. Kita berharap DPRD segera melakukan RDP dengan menghadirkan Kodam VI Mulawarman bersama perwakilan warga terkait," tambahnya.

Menurut Bagus, salah satu faktor terpilihnya Kaltim sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara karena menjadi provinsi yang aman, kondusif dan jauh dari kata konflik.

"Hal inilah kemudian yang perlu kita jaga, bersama pemerintah perlu terus menciptakan rasa aman di tengah kehidupan sosial masyarakat, " tutupnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top