• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Pengurus Kwaran Pramuka Tenggarong foto bersama usai pelantikan

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, Senin (6/3/23) melantik pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan pelantikan pengurus Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Tenggarong untuk Masa Bakti 2023-2026. Pelantikan tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Tenggarong.

Camat Tenggarong, Sukono resmi jadi ketua Mabiran Gerakan Pramuka Muara Jawa dan 93 Kwaran terdiri dari kepala sekolah termasuk dengan Lurah dan Kades Masa Bakti 2014-2017. Dalam kegiatan ini dirangkai dengan peresmian sekertariat Kwartir Ranting Tenggarong yang di tandai dengan pemotongan pita oleh Ketua Kwarcab Kukar Edi Damansyah.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, mengatakan Majelis Pemimpin Ranting dan Kwaran Cabang Tenggarong ini diharapkan ada optimalisasi pembinaan dan kinerja pramuka.

Ia menyampaikan bahwa 2020-2022 Kwaran Tenggarong ini tidak ada mengikuti kegiatan pramuka tergiat. Di dunia pramuka kegiatan tergiat itu bergengsi. Jadi penilaiannya jika kwaran, kwarcab tergiat sangat bergengsi. Variabelnya juga tidak lepas dari kegiatan-kegiatan kepramukaan, pembinaan dan pengabdian di tengah masyarakat.

"Saya menaruh harapan kepada majelis pemimpin ranting yang baru dilantik tadi sehingga ada langkah cepat dan gerak cepat. Untuk menyusun program dan melaksanakannya sesuai karakteristik wilayah Tenggarong." kata Edi Senin (6/3/23).

Menurutnya Tenggarong ini barometer kecamatan-kecamatan lain. Kalau Tenggarong peringkatnya tidak bisa di atas kecamatan lain pasti ada suatu persoalan. Karena seluruh stakeholder terkumpul disini. Tinggal bagaimana mengorganisirnya dengan baik. Berkoordinasi, berkomunikasi, bersinergi dan bekerja bersama.

"Insya Allah saya optimis, pembinaan pengembangan pramuka di Tenggarong makin meningkat. Dan bisa berkontribusi di tengah-tengah masyarakat, khususnya sosial kemasyarakatan." ungkapnya.

Sementara Ketua Mabiran Tenggarong Sukono mengatakan, bahwa setelah dilantik kedepan ini akan lebih baik karena kemarin di tahun 2022 pengurusnya kurang aktif. Dan dengan adanya kepengurusan yang baru ini akan lebih efektif dan efisien karena semua saling mendukung antara satu dengan yang lain.

"Sehingga kami punya tujuan supaya ranting Tenggarong ini bisa bersaing dengan yang lain, paling tidak mendapat ranking dan menjadi barometer untuk wilayah Kabupeten Kukar. Dan kami akan gas pol kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan kepramukaan mukai dari SD, SMP, dan SMA." tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top