• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Warga memedati pasar murah yang digelar Pemkab Kukar.

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan bekerjasama dengan Bulog Cabang Samarinda menggelar Pasar Murah di Halaman Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar, Rabu (1/3/23).

Dalam operasi pasar menyediakan bahan pokok yang terdiri dari empat sembako yakni Beras Kita Premium Kemasan Rp56.500 per 5 kilogram, Gula Pasir Kemasan Rp13.500 per kilogram, Minyak Goreng Kita Rp13.000 per liter dan Tepung Terigu Rp12.500 per liter.

Selain itu, kegiatan operasi pasar ini juga dirangkai dengan penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) bagi masyarakat penerima manfaat yang terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, bahwa kerjasama ini Pemkab Kukar mensubsidi biaya transportasinya, biaya angkutnya tapi yang menjual ke masyarakat tetap bulog dengan harga standarnya yang dipastikan dibawah harga pasar.

Karena jika terjadi lonjakan harga maka hal ini dapat meresahkan masyarakat. Oleh karena itu, perlu dilakukan adanya upaya pemantauan dan evaluasi perkembangan harga pasar.

"Kami berharap dengan adanya bantuan ini mampu meringankan ongkos transportasi masyarakat di wilayah pedalaman serta mampu mengurangi disparitas harga kebutuhan pokok." ujarnya.

Sementara Kepala Bulog Kantor Cabang SMD, Maradona S J Singal mengatakan bulog bersama Pemkab Kukar akan menyalurkan di 20 kecamatan untuk pasar murah ini dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan menekan inflasi.

"Adapun subsidi ongkos angkut akan disalurkan ke 20 kecamatan, dengan kapasitas 5 ton /1 truk per kecamatan yang terdiri dari komoditas beras, gula, minyak goreng, dan tepung terigu. Dan jika diperlukan kita bisa menambah lagi." kata Maradona.

Ia menyebutkan semua barangnya sudah siap barangnya, tinggal menunggu jadwal dari Pemkab Kukar. Dimana pasar murah ini baru 2 kali digelar, hari pertama pada minggu tanggal 26 Februari 2023 kemarin berada di Kecamatan Loa Janan dan kedua di Kecamatan Tenggarong,

Untuk Tahap II yaitu Kecamatan Muara Badak, Marang Kayu, Anggana, Samboja, Muara Jawa dan Muara Kaman. Dan Tahap III Kota Bangun, Muara Muntai, Muara Wis, Kenohan, Kembang Janggut dan Tabang.

"Target penyelesaian sebelum puasa kita harus sudah selesai. Saat ini satu armada saja karena cukup 6 ton kita bawa khusus kecamatan tenggarong. Jadi tinggal 18 titik lagi." ungkapnya.

Ia menambahkan untuk ketersediaan beras di bulog sampai saat ini aman untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri ini, Bulog menyiapkan sekitar 2.200 ton beras medium dari Surabaya untuk wilayah Samarinda, Kukar, Kutim, Kubar, Mahulu, dan Bontang. (*dri)

Pasang Iklan
Top